Langganan SP 2

Memprihatinkan, Dermaga Apung Putussibau Nyaris Tenggelam

Kapuas Hulu

Editor Andrie P Putra Dibaca : 179

Memprihatinkan, Dermaga Apung Putussibau Nyaris Tenggelam
NYARIS TENGGELAM - Kondisi dermaga apung yang nyaris tenggelam, Senin (13/11). (SP/Syapari)
PUTUSSIBAU, SP - Sejumlah warga mengeluhkan kondisi fisik Dermaga Apung Putussibau yang saat ini sudah sangat memprihatinkan. Warga meminta Pemda segera memperbaiki dermaga tersebut, demi kelancaran dan kemudahan akses transportasi..

Yanti, satu di antara warga mengatakan, dermaga tersebut digunakan masyarakat sebagai tempat persinggahan dan bongkar muat baik barang maupun orang. Dermaga digunakan khusus untuk wilayah-wilayah yang masih mengandalkan transportasi air seperti Kecamatan Bunut Hilir dan Kecamatan Embaloh Hilir.

"Kondisinya dermaga itu sudah mau tenggelam, dikarenakan batang yang digunakan pelampung itu sudah berumur," katanya, Senin (13/11).

Dikatakannya, sudah seharusnya lanting apung tersebut diperbaiki, mengingat untuk memperlancar perekonomian masyarakat, khususnya yang tinggal di pesisir sungai.

"Kalau bisa batang untuk pelampungnya dibuat dari besi dan tangga untuk naiknya dibuat permanen agar tahan lama, kita khawatir kondisi lanting seperti itu akan menimbulkan korban jiwa," katanya.
 
Sementara itu, Kabid Lalu Lintas ASDP, Dishub Kapuas Hulu, Alexius Bulin mengakui, dermaga apung tersebut sudah tidak layak digunakan karena kondisinya yang sangat memprihatinkan.

Pihaknya mengkhawatirkan, bila dermaga tersebut digunakan secara terus menerus, akan menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Terkait kondisi ini, pihaknya telah mengusulkan agar segera diperbaiki. Mengingat dermaga tersebut sangat penting bagi masyarakat.

“Setiap hari itu ada 15-20 speedboat yang menggunakan dermaga tersebut,” katanya. (sap)