Langganan SP 2

Di Hadapan Praja IPDN, Nasir Paparkan Potensi Bumi Uncak Kapuas

Kapuas Hulu

Editor Andrie P Putra Dibaca : 172

Di Hadapan Praja IPDN, Nasir Paparkan Potensi Bumi Uncak Kapuas
PEGANG PENGHARGAAN - Rektor IPDN Jatinangor, Ermaya Suradinata dan Bupati Kapuas Hulu, Abang Muhammad Nasir berfoto bersama, usai penandatanganan perjanjian kerja sama, Selasa (14/11). (SP/Syapari)
PUTUSSIBAU, SP - Bupati Kapuas Hulu, Abang Muhammad Nasir mempresentasikan profil, potensi dan kendala pembangunan di Bumi Uncak Kapuas.

Ini disampaikannya pada kegiatan Penganugerahan Lencana Alumni Kehormatan Pendidikan Tinggi Ilmu Pendidikan Dalam Negeri (IPDN) di Gedung IPDN Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, Selasa (14/11).

Nasir mengutarakan, Bumi Uncak Kapuas adalah salah satu kabupaten di Kalbar yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia.

"Selain sebagai kabupaten perbatasan, Kapuas Hulu juga terkenal dengan kabupaten konservasi dan kabupaten tertinggal," katanya.

Nasir juga menyebutkan, daerahnya memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah ruah, yang mana sampai saat ini belum tergarap secara optimal.

Oleh karena itu, agar SDA yang ada dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, dibutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni pula.

"Kapuas Hulu membutuhkan aparatur yang siap pakai, agar dapat membangun Bumi Uncak Kapuas," terangnya.

Dia mengungkapkan, selama ini lulusan IPDN selalu menduduki jabatang strategis di pemerintahan, khususnya di Kapuas Hulu. Hal ini dikarenakan mereka dianggap mampu dan terbukti dapat bekerja sesuai dengan yang diharapkan.

"Kami mengajak para IPDN agar berpartisipasi dalam pembangunan di wilayah perbatasan Kapuas Hulu," harapnya.

Saat ini, program pemerintah pusat membagun dari wilayah pinggiran dan perbatasan, dirasakan sangat tepa untuk Kapuas Hulu. Tujuan ini akan berjalan sesuai harapan bila didukung dengan aparatur yang andal.

Sementara itu, Rektor IPDN Jatinangor, Ermaya Suradinata mengatakan, IPDN adalah lembaga pendidikan yang melahirkan pemimpin masa depan pemerintahan.

“Seorang praja melahirkan pelayanan profesional kepada masyarakat, kemudian generasi kepemimpinan. Praja IPDN generasi pemimpin untuk membawa Indonesia menjadi lebih baik," terangnya.

Penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Pemda Kapuas Hulu yang dilakukan, menurutnya merupakan upaya untuk mempererat kerja sama antar kedua institusi tersebut. (hms/sap/pul)