Kades di Kapuas Hulu Didorong Pintar Kelola Keuangan Desa

Kapuas Hulu

Editor Andrie P Putra Dibaca : 331

Kades di Kapuas Hulu Didorong Pintar Kelola Keuangan Desa
BIMTEK - Bimtek Keuangan Desa Menggunakan Aplikasi Siskeudes tahun anggaran 2017 di Kapuas Hulu, Senin (27/11). (SP/Syapari)
PUTUSSIBAU, SP - Bupati Kapuas Hulu, Abang Muhammad Nasir membuka kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Keuangan Desa Menggunakan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) tahun anggaran 2017, di Gedung MABM Kapuas Hulu, Senin (27/11).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kapuas Hulu, Alfiansyah mengatakan, kegiatan ini diharapkan dapat mendorong dan menata kelola keuangan desa yang baik, sehingga semua pihak desa dapat menjalankan tugas dan fungsi dengan baik dan benar.

"Penggunaan keuangan desa harusnya disesuaikan dengan undang-undang yang berlaku," katanya.

Dia menerangkan, kegiatan Bimtek ini dilaksanakan di tiga tempat seperti di MABM Kapuas Hulu, Deo Soli dan Aula Bappeda Kapuas Hulu.

Untuk peserta yang mengikuti Bimtek ini sebanyak 326 peserta terdiridari Kades, bendahara desa, Sekdes, fasilitator kecamatan dan pendamping desa se-Kapuas Hulu.

"Tahun 2018 mendatang DPMD akan memfasilitasi Bimtek, kami minta dalam tahun ini aparat desa tidak melakukan Bimtek dan studi banding keluar wilayah Kapuas Hulu," pintanya.

Bupati Kapuas Hulu, Abang Muhammad Nasir, kegiatan ini sangat penting dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada para Kades dan perangkat desa, utamanya terkait pengelolan keuangan DD, mengingat selama ini DD selalu bertambah setiap tahunnya.

"Penambahan dana DD ini harus diimbangi dengan SDM yang mumpuni di desa," katanya. (sap)