Jelang Natal Bandara Putussibau Tambah Frekuensi Penerbangan

Kapuas Hulu

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 278

Jelang Natal Bandara Putussibau Tambah Frekuensi Penerbangan
Kepala Bandara Pangsuma Putussibau Hariyanto. (SP/Syapari)
PUTUSSIBAU, SP - Menjelang Natal dan Tahun baru 2018, jumlah penumpang angkutan udara diperkirakan akan mengalami lonjakan. Untuk mengatasi hal tersebut, maskapai penerbangan akan menambah jumlah frekuensi rute penerbangan Putussibau-Pontianak.

Kepala Bandara Pangsuma Putussibau Hariyanto mengatakan, pihak maskapai penerbangan menganggap penting dilakukan penambahan jumlah frekuensi penerbangan. Tentu hal itu tak terlepas dari lonjakan penumpang.

"Saat ini jumlah penumpang sudah mengalami peningkatan sekitar 80 persen, ini biasa terjadi setiap tahunnya," katanya, Senin (4/12).

Ditambahkannya, lonjakan penumpang ini terjadi selain karena Natal dan tahun baru, juga karena bertepatan dengan waktu libur.

"Semakin banyaknya armada penerbangan, maka masyarakat akan semakin diuntungkan. Sebab banyak pilihan jam penerbangan dan harganya juga kompetitif," jelasnya.

Khusus untuk Nam Air telah mengajukan penambahan jadwal penerbangan dari satu armada menjadi dua armada untuk setiap harinya, mulai dari tanggal 10 Desember 2017 sampai 15 Januari 2018 mendatang.

"Selain itu akan ada maskapai baru juga yang akan beroprasi dalam tahun 2017, yakni Wins Air, kami sudah berkomunikasi terkait hal itu," katanya.

Untuk maskapai Garuda, saat ini masih belum mengajukan tambahan frekuensi penerbangan. Namun tidak menutup kemungkinan dalam waktu dekat, bila dianggap perlu mereka menambah jam terbangnya.

"Untuk jadwal penerbangan Nam Air Putussibau-Pontianak, pukul 9.10 WIB, Nam Air Putussibau-Pontianak 10.15 WIB, Garuda Putussibau-Pontianak 13.10 WIB," terangnya.

Sementara untuk maskapai baru, Wins Air Putussibau-Pontianak  Pukul 13.45 WIB. Untuk harga tiketnya tidak mengalami kenaikan dan diharapkan normal. ""Untuk delay yang sering terjadi saat ini, itu diakibatkan cuaca yang tidak bersahabat," pungkasnya. (sap/pul)