23 Kecamatan di Kapuas Hulu Terbentuk Kampung KB

Kapuas Hulu

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 377

23 Kecamatan di Kapuas Hulu Terbentuk Kampung KB
PERESMIAN - Peresmian Kampung KB di Desa Entibab, Kecamatan Bunut Hilir Kabupaten Kapuas Hulu oleh Bupati Kapuas Hulu, Abang Muhammad Nasir, Jumat (29/12). (SP/Syapari)
PUTUSSIBAU,SP - Bupati Kapuas Hulu Abang Muhammad Nasir mengatakan, Kampung Keluarga Berencana (KB) telah terbentuk di 23 Kecamatan Se Kabupaten Kapuas Hulu. 

Hal ini tidak terlepas dari peran para camat dan kepala desa yang telah berupaya membentuk Pokja Kampung KB kecamatan dan tim KB desa di wilayahnya masing-masing.

Nasir menjelaskan, banyak sekali manfaat yang didapat jika sebuah keluarga mengikuti program KB, salah satunya adalah meningkatkan indeks pembangunan manusia, selain itu dari sisi kesehatan KB juga ikut menurunkan angka kematian bayi dan balita.

"Program KB ini juga akan mewujudkan norma keluarga kecil yang dapat memenuhi kebutuhan sosial ekonomi serta pendidikan. Oleh sebab itulah pemerintah mengintervensi pengaturan jarak kelahiran tersebut," jelasnya, beberpa waktu lalu.

Ditegaskannya, Kampung KB merupakan program Presiden RI yang termuat dalam nawacita. Oleh karena itu, ke depan kegiatan-kegiatan di Kampung KB harus dapat direncanakan dan dilaksanakan dengan sungguh-sunggu disemua lini.

"Diharapkan kepada seluruh SKPD untuk dapat mendukung pengelolaan kampung KB ini," pintanya.

Ia juga meminta, terhadap jajaran pengelola KB sampai ke lini bawah yaitu PPKBD dan Sub PPKBD, agar mengupayakan akseptor memakai metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP). Selanjutnya, dengan telah dibentuknya distrik working group (DWG) di Kabupaten Kapuas Hulu untuk segera menyusun rencana kerjanya di Kampung KB.

"Tujuan dari pembentukan Kampung KB diseluruh kecamatan Se- Kapuas Hulu di tahun 2017 ini adalah untuk pemerataan kesejahteraan," jelasnya.

Nasir juga mengimbau kepada generasi muda khususnya yang ada di desa-desa agar menghindari pernikahan dini, seks bebas dan menjauhi narkoba. (sap/pul)

Komentar