MABM Siap Gelar Peringatan Hari Jadi Nanga Bunut

Kapuas Hulu

Editor K Balasa Dibaca : 596

MABM Siap Gelar Peringatan Hari Jadi Nanga Bunut
Nanga Bunut. (SP/Syapari)
PUTUSSIBAU, SP - Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Kecamatan Bunut Hilir bersama masyarakat setempat, akan menggelar peringatan hari jadi Nanga Bunut yang Ke- 203 tahun pada 29 Januari mendatang.Rencananya kegiatan tersebut akan terlaksana meriah dan dihadiri oleh Bupati Kapuas Hulu Abang Muhammad Nasir.

Ketua MABM Kecamatan Bunut Hilir Ab Syarifuddin Yahya menjelaskan, Nanga Bunut merupakan kota tua dan kota kerajaan, di mana didalamnya banyak terdapat sejarah dan kisah yang harus terus digali.

"Nanga Bunut Merupakan Bumi Ulak Mahkota Raja, karena merupakan daerah yang masih memiliki garis keturunan raja," terangnya.

Dikatakannya, bila dilihat secara geografis Nanga Bunut merupakan tempat yang sangat strategis dulunya, sebab berada di tengah-tengah persimpangan tiga sungai yakni Sungai Batang Bunut, sungai jalur menuju ibu kota Kabupaten Putussibau dan sungai menuju ibu kota Provinsi Kalbar yakni Pontianak.

Sejumlah tokoh pemimpin lahir di Nanga Bunut, seperti Abang Tambul Husien dan Abang Muhammad Nasir. Selain itu, juga ada Rajuliansyah sebagai Ketua DPRD, termasuk Alm Gusti Efendi dan banyak lagi lainnya.

Sementara itu, Camat Bunut Hilir, Sopuan mengapresasi atas pelaksanaan kegiatan hari jadi Nanga Bunut ke-203 tahun tersebut.

"2019 mendatang Nanga Bunut rencananya akan menjadi tuan rumah MTQ se- Kabupaten Kapuas Hulu," ungkapnya. (sap)