Pemkab Beri Pemahaman Wajib Pajak untuk Pelaku Usaha

Kapuas Hulu

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 336

Pemkab Beri Pemahaman Wajib Pajak untuk Pelaku Usaha
Ilustrasi. Net
PUTUSSIBAU, SP - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas Hulu, mengumpulkan pelaku usaha restoran, hotel dan tempat hiburan di wilayah Bumi Uncak Kapuas terkait pajak usaha.

"Sosialisasi pajak untuk usaha restoran, hotel, dan tempat hiburan malam sangat penting dilaksanakan, agar pelaku usaha memahami pentingnya membayar pajak," kata Kepala Badan Keuangan Daerah Kapuas Hulu, Zaini, saat sosialisasi pajak di Aula Kantor Bupati Kapuas Hulu, Kamis (25/1).

Dikatakan Zaini, selama ini masih banyak pelaku usaha yang tidak memahami kewajibannya dalam membayar pajak usaha mereka. Banyak yang beranggapan pajak tersebut ditanggung oleh pelaku usaha, padahal sebenarnya tidak demikian.

"Pajak itu sebenarnya ditanggung oleh pengunjung, bukan dibayar para pelaku usaha," jelas Zaini.

Menurut dia, untuk perpajakan seperti hotel dan restoran harus dipahami hanya 10 persen. Sedangkan tempat hiburan hanya delapan hingga 15 persen saja. "Sebenarnya wajib pajak itu sangat penting untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kapuas Hulu yang saat ini masih sangat minim," katanya.

Untuk meningkatkan PAD itu kata Zaini, perlu dilakukan kerja keras, salah satunya diawali dengan sosialisasi wajib pajak seperti yang dilakukannya tersebut.

Sementara itu, pada sosialisasi pajak hotel, restoran dan tempat hiburan tersebut, dihadiri sekitar 40 orang, dengan pemateri Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kapuas Hulu. (ant/pul)