Petugas Amankan Pembawa Kayu Ilegal Danau Sentarum

Kapuas Hulu

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 263

Petugas Amankan Pembawa Kayu Ilegal Danau Sentarum
Ilustrasi. Net
PUTUSSIBAU, SP - Petugas Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun Danau Sentarum (TNBKDS) Kapuas Hulu menangkap seorang warga yang sedang membawa kayu ilegal di kawasan Danau Sentarum, Kalbar.

"Petugas menangkap Samsuri alias Sam dan ratusan batang kayu tanpa dokumen saat petugas melaksanakan penjagaan di pos jaga resort Tengkedap di kawasan Danau Sentarum," kata Kepala Balai Besar TNBKDS Kapuas Hulu, Arief, di Putussibau, Senin (5/2).

Lokasi penangkapan tepatnya di Desa Madang Permai, Kecamatan Suhaid, Kapuas Hulu Kalbar.

Arief menjelaskan, kayu yang juga diamankan tersebut sebanyak 264 batang kayu bulat kecil jenis Tembesu dengan ukuran panjang tiga meter dan diameter rata-rata 10 cm. Kemudian, 81 keping kayu olahan jenis Bintangur ukuran 2,5 cm x 18 cm, panjang 4,2 meter.

Menurut Arief, yang bersangkutan membawa ratusan kayu itu menggunakan speed 15 PK dengan sampan bong.

"Ketika diperiksa petugas dokumen Surat Keterangan Sahnya Hasil Hutan (SKSHH) tidak ditemui adanya dokumen lengkap," jelas Arief.

Dikatakan Arief, saat ini pelaku bernama Samsuri itu bserta barang bukti ratusan batang kayu ilegal masih dalam proses hukum, yang ditangani oleh Penyidik Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan Wilayah Kalimantan. (ant/ind)