Festival Lintas Perbatasan, Disporapar Targetkan 1000 Kunjungan Wisata Manca Negara

Kapuas Hulu

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 161

Festival Lintas Perbatasan, Disporapar Targetkan 1000 Kunjungan Wisata Manca Negara
MEGAH - Post Lintas Batas Negara (PLBN) di Kecamatan Badau Kabupaten Kapuas Hulu tampak megah. PLBN tersebut telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2017 lalu. (Antara Foto)
Tentu menjadi suatu kembanggaan apabila sesuatu yang ditargetkan dapat terealisasi sesuai harapan. Seperti yang diinginkan Dinas Pemuda Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kapuas Hulu.

SP - Mereka menargetkan, jumlah kunjungan wisatawan manca negara bisa mencapai sekitar 1.000 orang pada Festival Lintas Perbatasan, yang akan dilaksanakan pada Agustus 2018 mendatang di Kecamatan Badau.

Kadis Pemuda Olahraga, dan Pariwisata Kapuas Hulu Antonius menjelaskan, pihaknya menargetkan, jumlah pengunjung sekitar 800-1.000 wisatawan dari luar pada festival yang dilaksankan di wilayah perbatasan RI-Malaysia tersebut.

"Tujuan kegiatan tersebut untuk mempromosikan potensi wisata dan budaya yang ada," katanya, Selasa (6/3).
 
Festival tersebut akan mempertunjukkan kuliner, kebudayaan dan panggung hiburan, dimana nantinya akan melibatkan masyarakat setempat.

"Kami akan mengundang pihak Kementerian Pariwisata dan Kementerian Ekonomi serta pejabat negara tetangga Malaysia untuk hadir dalam kegiatan tersebut," jelasnya.

Dikatakan Antonius, kegiatan ini salah satu cara memajukan pariwisata. Maka dari itu, ia mengimbau masyarakat untuk membantu mengembangkan sektor wisata di Bumi Uncak Kapuas.

"Salah satunya dengan memberikan rasa aman dan nyaman kepada wisatawan yang akan berkunjung di sana," katanya.

Masyarakat juga diminta untuk menjaga kearifan lokal dan kelestarian adat istiadat serta kebudayaan, agar mampu menjadi daya tarik wisatawan.

"Itu yang kita inginkan, agar ada daya tarik tersendiri. Saat ini Pemda Kapuas Hulu juga sangat serius untuk mengembangkan sektor pariwisata," pungkasnya. (sap/pul)