Bandara Pangsuma Siapkan Pesawat untuk Orang Sakit

Kapuas Hulu

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 941

Bandara Pangsuma Siapkan Pesawat untuk Orang Sakit
Ilustrasi. Net
PUTUSSIBAU, SP - Bandara Udara (Bandara) Pangsuma Putussibau, sudah menyiapkan pesawat untuk mengangkut pasien yang sedang sakit, namun belum menyiapkan armada khusus untuk membawa mayat.
 
Kepala Bandar Udara Pangsuma Putussibau, Hariyanto mengatakan, saat ini armada pesawat yang menerima untuk membawa orang sakit hanya Nam Air. Pesawat tersebut dilengkapi dengan fasilitas kesehatan yang dibutuhkan.

"Selama ini sudah ada permintaan untuk orang sakit, hanya saja jumlahnya tidak banyak," ujarnya, Minggu (11/3).

Dikatakan Hariyanto, biasanya pesawat menolak membawa orang sakit, dikarenakan pemberitahuan dilakukan secara mendadak. Harusnya pemberitahuan dilakukan minimal tiga hari sebelum hari keberangkatan, agar petugas bisa mempersiapkan tempatnya.

"Jika membawa orang sakit harus ada tempat duduk yang dibongkar terlebih dahulu," katanya.

Untuk membawa penumpang yang sedang sakit dan ibu hamil, penumpang tersebut harus melengkapi persyaratan seperti surat rujukan dari dokter.

"Biasanya jika membawa orang sakit di pesawat, harus didampingi oleh dokter atau perawat," terangnya.

Untuk pesawat yang beroperasi di Bandara Pangsuma Putussibau tersebut, jenisnya ATR 72. Armada ini tidak bisa digunakan untuk mengangkut mayat dikarenakan tidak dilengkapi tempat khusus untuk membawa mayat.

"Kita belum melayani pengangkutan mayat, biasanya yang pesawat yang melayani pengangkutan mayat itu seperti Boing karena dilengkapi tempat khusus," terangnya.

Warga Putussibau, Marni mengatakan, dengan adanya pesawat rute Putussibau-Pontianak, masyarakat Kapuas Hulu merasa sangat terbantu. Sebab bisa membawa orang yang sakit dalam waktu yang tidak lama ke Rumah Sakit Pontianak untuk mendapatkan pertolongan medis lebih lanjut.

"Jarak Kapuas Hulu-Pontianak itu sangat jauh, membutuhkan waktu perjalanan darat sekitar 15 jam. Namun jika menggunakan pesawat hanya memakan waktu 1 jam saja," pungkasnya. (sap/pul)