Satu Warga Kapuas Hulu Terserang Virus Kawasaki, Seperti Ini Gejalanya

Kapuas Hulu

Editor Andrie P Putra Dibaca : 1264

Satu Warga Kapuas Hulu Terserang Virus Kawasaki, Seperti Ini Gejalanya
Ilustrasi. (net)
PUTUSSIBAU, SP - Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu, Ade Hermanto menyebutkan, saat ini satu warga Kapuas Hulu terserang virus kawasaki. Warga tersebut ketika dibawa ke rumah sakit, kondisinya sudah parah.

"Pasien itu warga Putussibau, karena kondisi sudah parah dia langsung dilarikan ke Rumah Sakit Antonius Pontianak," katanya, Selasa (13/3).

Ade mengatakan, terkait kasus tersebut pihaknya telah berkomunikasi dengan Dinas Kesehatan Kalbar dan saat ini mereka sedang melakukan penelitian epidemiologi.

"Kawasaki ini penyakit langka yang belum ada obatnya, penyakit ini tidak menular, sifatnya mematikan sebab lari ke jantung," jelasnya.

Sampai saat ini belum diketahui peyebab dari penyakit tersebut, untuk perkiraan sementara kemungkinan faktor keturunan atau imunitas ketahanan tubuh.

Dia menjelaskan, untuk masa inkubasi penyakit tersebut sekitar 45 hari terhitung mulai virus masuk ke dalam tubuh sampai menimbulkan gejala. Untuk gejala penyakit tersebut seperti demam, tumbuh bintik merah seperti cacar dalam jumlah yang banyak bahkan sampai seluruh tubuh.

"Jika sudah parah bintik merah itu akan melepuh, kalaupun ada obat penyakit itu mahal," katanya.

Ade mengimbau masyarakat agar mewaspadai penyakit tersebut, jika ditemukan gejala-gejala penyakit segera melapor agar dapat dilakukan pertolongan medis.

"Sebaiknya masyarakat menjadi anggota BPJS kesehatan, agar ketika terserang penyakit tidak mengalami kesulitan dalam hal pembiayaan pengobatannya," katanya. (sap)