Potensi SDA Kapuas Hulu Belum Tergarap Optimal

Kapuas Hulu

Editor K Balasa Dibaca : 313

Potensi SDA Kapuas Hulu Belum Tergarap Optimal
Danau Sentarum. (Dok.WWF)
PUTUSSIBAU, SP - Anggota DPRD Kapuas Hulu, Imam Shabirin mengatakan potensi Sumber Daya Alam (SDA) seperti pertambangan dan emas di Kapuas Hulu belum dimanfaatkan secara optimal. Sehinhgga potensi itu belum mampu menyejahterakan masyarakat.

Dia mengatakan, permasalahannya selama ini belum ada investor yang serius dalam mengelola potensi tambang yang ada. Selain itu, masalah lain yakni peraturan perundang-undangan yang baru dimana kewenangan pertambangan sudah diambil alih oleh provinsi.

"Tugas eksekutif memang untuk mendatang investor, kapasitas legislatif itu hanya menyarankan saja, agar kekayaan alam yang ada dapat dimanfaatkan secara optimal demi menyejahterakan masyarakat," jelasnya.

Terkait investor, dia berharap ke depan ketika ada perusahaan yang akan mengelola potensi tambang yang ada, terlebih dahulu melakukan sosialisasi kepada masyarakat, agar mereka mengerti dan dapat menerima keberadaan perusahaan tersebut.

"Masyarakat itu sebenarnya tidak akan melakukan penolakan terhadap para investor jika diberikan pemahaman dan sosialisasi yang baik," ujarnya.

"Jika semua aturan sudah dipenuhi tidak ada yang bisa menghalangi ketika dia akan berusaha," katanya. (sap)