Surplus Beras di Kapuas Hulu Tak Sesuai Fakta

Kapuas Hulu

Editor Andrie P Putra Dibaca : 329

Surplus Beras di Kapuas Hulu Tak Sesuai Fakta
Ilustrasi. (antara foto)
PUTUSSIBAU, SP - Sejumlah pihak mempertanyakan kebenaran data surplus beras dari Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Peternakan Kapuas Hulu.

Pasalnya hal tersebut berbanding terbalik dengan kenyataan di lapangan. Saat ini masih banyak beras komersil dari Pulau Jawa yang banyak diperjual belikan di pasar Kapuas Hulu.

"Harusnya kalau kita sudah surplus beras, beras-beras dari pulau Jawa itu tidak akan ada lagi beredar, tapi kenyataan saat ini tidak menunjukkan kita sedang surplus beras," kata warga Putussibau, Arif, Minggu (16/3).

Terkait hal ini, Sekda Kapuas Hulu, Muhammad Sukri menjelaskan, saat ini pihaknya sedang meminta data tersebut ke dinas terkait. Termasuk jumlah produksi dan kebutuhan di Kapuas Hulu.

"Saya sudah bilang kita jangan mengacu pada data hitungan itu, tapi fakta lapangan," jelasnya.

Anggota DPRD Kapuas Hulu, Iman Shabirin menegaskan, data jumlah produksi padi atau beras yang disampaikan selama ini tidak sesuai dengan fakta. 

"Data mereka ini masih sifatnya data mentah. Data yang tidak valid berpengaruh terhadap kebijakan yang akan diambil ke depan, apalagi saat ini dana sangat terbatas," terangnya.

"Harusnya pembagian anggaran harus jelas, ini bukan ngomong di warung kopi, jadi datanya harus jelas sebenarnya," tandasnya. (sap)

Komentar