Wabup Harap Level Maturitas SPIP Kapuas Hulu Meningkat

Kapuas Hulu

Editor K Balasa Dibaca : 296

Wabup Harap Level Maturitas SPIP Kapuas Hulu Meningkat
Wabup Kapuas Hulu, Antonius L Ain Pamero saat Bimtek SPIP. (SP/Syapari)
PUTUSSIBAU, SP - Wakil Bupati Kapuas Hulu Antonius L Ain Pamero mengatakan, pelaksanaan Bimtek peningkatan level maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), diharapkan akan mampu membawa pemerintahan di Kapuas hulu ke arah yang lebih baik dan akuntabel.

Kegiatan Bimtek SPIP di lingkungan Pemkab Kapuas Hulu tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Bupati setempat, Kamis (29/3).

SPIP mengamanatkan setiap pimpinan lembaga/instansi untuk melaksanakan pengendalian guna mewujudkan pengelolaan keuangan negara yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel.

"Mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, hingga pertanggung jawaban, harus dilaksanakan secara tertib, terkendali serta efisien dan efektif," katanya.

Diterangkannya, model maturitas menggambarkan tahapan proses yang diyakini akan mengarahkan pada output dan outcome yang lebih baik. Maturitas yang rendah mencerminkan kemungkinan yang lebih rendah dalam mencapai tujuan.

"Sedangkan maturitas yang lebih tinggi mencerminkan kemungkinan keberhasilan yang lebih tinggi," ujarnya.

Diungkapkannya, saat ini Kapuas Hulu masuk dalam maturitas (SPIP) kategori ke 2 yakni berkembang, artinya Pemda Kapuas Hulu telah melaksanakan praktik pengendalian intern, namun tidak terdokumentasi dengan baik.

Efektivitas pengendalian belum dievaluasi sehingga banyak terjadi kelemahan yang belum ditangani secara memadai. Untuk itu, Anton meminta ke depan Pemkab Kapuas Hulu dapat meningkatkan level maturitas SPIP menjadi Level 3 dengan menerapkan praktik-praktik pengendalian yang sehat melalui penyusunan kebijakan dan prosedur tertulis, pengkomunikasian kebijakan dan prosedur.

"Peningkatan komitmen implementasi dan dokumentasi, evaluasi formal, berkala dan terdokumentasi," jelasnya. (sap)