Disetujui KPU RI, Dapil Pileg Kapuas Hulu Bertambah

Kapuas Hulu

Editor Andrie P Putra Dibaca : 571

Disetujui KPU RI, Dapil Pileg Kapuas Hulu Bertambah
Ilustrasi Pileg. (net)
PUTUSSIBAU, SP - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyetujui usulan masyarakat Kabupaten Kapuas Hulu, untuk melakukan penataan Daerah Pemilihan (Dapil) pemilihan anggota DPRD pada Pileg 2019 mendatang.

Sebelumnya di Kapuas Hulu ada tiga Dapil. Setelah dilakukan penataan bertambah menjadi empat Dapil. Untuk jumlah kursi anggota dewan tidak mengalami penambahan masih sama jumlahnya yakni 30 kursi.

"Dengan telah bertambahnya menjadi empat Dapil ini jumlah kecamataan dalam satu Dapil itu seimbang, sehingga nantinya aspirasi masyarakat di setiap Dapil akan terakomodir semua," kata Ketua Pengurus Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kapuas Hulu, Imam Shabirin, Sabtu (7/4).

Dia menjelaskan, penataan Dapil ini sudah hampir sepuluh tahun diidam-idamkan oleh masyarakat. Mengingat Kapuas Hulu wilayahnya sangat luas.

Salah satu Organisasi Kepemudaan yang ikut menggagas penataan Dapil tersebut adalah Pemuda Ansor Kapuas Hulu, bersama Organisasi Masyarakat (Ormas) dan OKP lainnya.

"Sekarang dapat dengan mudah bagi para Caleg untuk membina dan mencerdaskan masyarakat dalam berpolitik, sebab dengan jarak yang dekat intensitas pertemuannya akan lebih sering dilakukan," ungkapnya.

Dijelaskannya, kendala dalam penataan Dapil selama ini terletak pada aturan, kurang responnya partai politik dan kurang elastisnya mekanisme yang ada di KPU dalam menata Dapil.

"Selama ini KPU sudah sering mengadakan sosialisasi penataan Dapil dan ini langkah yang tepat untuk menghadirkan pemimpin dan wakil rakyat yang berkualitas," terangnya.

Pengusulan penataan Dapil di Kapuas Hulu dimulai pada tahun 2017 lalu, saat itu KPU sudah menyurati Partai Politik (Parpol).

"Saya pikir kerja KPU selama satu tahun ini sangat luar biasa dan patut diapresiasi," katanya.

Berikut Usulan Penataan Dapil yang telah disetujui oleh KPU RI dengan jumlah kursi sebanyak 30 kursi dewan.

Dapil 1 meliputi Kecamatan Badau, Batang Lupar, Embaloh Hilir, Embaloh Hulu, Empanang, Puring Kencana dan Putussibau Utara.

Dapil 2 meliputi Kecamatan Bika, Bunut Hulu, Kalis, Mentebah dan Putussibau Selatan.

Dapil 3 meliputi Kecamatan Boyan Tanjung, Bunut Hilir, Hulu Gurung, Jongkong, Pengkadan, Selimbau.

Dapil 4 meliputi Kecamatan, Seberuang, Semitau, Silat Hilir, Silat Hulu, Suhaid

Dimana untuk jumlah kursi Dapil 1 sebanyak 7 kursi, Dapil 2 sebanyak 8 kursi, Dapil 3 sebanyak 8 kursi dan Dapil 4 sebanyak 7 kursi. (sap)