Jaringan Internet Masih Jadi Kendala UNBK di Kapuas Hulu

Kapuas Hulu

Editor Andrie P Putra Dibaca : 246

Jaringan Internet Masih Jadi Kendala UNBK di Kapuas Hulu
Bupati Kapuas Hulu, Abang Muhammad Nasir saat meninjau UNBK di SMAN 1 Putussibau, Senin (9/4). (SP/Syapari)
PUTUSSIBAU, SP - Bupati Kapuas Hulu, Abang Muhammad Nasir meninjau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMAN 1 Putussibau, Senin (9/4).

Dia mengatakan, hasil tinjauan tersebut secara umum proses UNBK  tidak mengalami kendala yang berarti.

"Hari ini listrik tidak bermasalah, cuma yang ada bermasalah sedikit masalah sinyal internet khususnya di daerah kecamatan," katanya.

Dia menjelaskan, saat ini semua sekolah tingkat SMA dan Aliyah se- Kapuas Hulu sudah mengikuti UNBK, berbeda dengan tahun sebelumnya dimana pelaksanaan UNBK hanya dilaksanakan di sekolah-sekolah tertentu saja.

"Ada beberapa SMA yang belum memiliki fasilitas UNBK yang memadai, seperti listrik dan sinyal internet, seperti SMA Embaloh Hulu dan SMA Embaloh Hilir mereka menumpang di SMA yang sudah lengkap fasilitasnya," jelasnya.

Monitoring UNBK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalbar Benediiktus Lion menjelaskan, permasalahan umumnya yang dihadapi oleh sekolah-sekolah d idaerah itu seperti listrik dan sinyal internet.

"Untuk jumlah sekolah yang melaksanakan UNBK sebanyak 33 sekolah terdiridari 27 SMA dan enam Aliyah se-Kapuas Hulu," terangnya.

Kepala Sekolah SMAN 1 Putussibau M Djusanudin menjelaskan, khusus di wilayah kota jika sinyal internetnya tidak ada, maka dapat diatasi dengan menggunakan sinyal handphone 4G. Hal tersebut sudah pernah dilakukan pihaknya dari tahun lalu. (sap)