Kapuas Hulu Siap Gelar Gawai Dayak Perdana

Kapuas Hulu

Editor Andrie P Putra Dibaca : 596

Kapuas Hulu Siap Gelar Gawai Dayak Perdana
Gawai Dayak di Pontianak beberapa waktu lalu. (dok.Suara Pemred)
PUTUSSIBAU, SP - Kabupaten Kapuas Hulu akan menggelar Gawai Dayak perdana. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada bulan Juli di GOR Uncak Kapuas Putussibau.

"Selama ini kegiatan Gawai Dayak di Kapuas Hulu hanya dilaksanakan berdasarkan sub suku saja," kata anggota DPRD Kapuas Hulu, Fabianus Kasim, Kamis (12/4).

Kasim mengatakan, tujuan kegiatan melestarikan budaya, seni dan adat istiadat daerah. Sebagaimana diprogramkan oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata.

Kegiatan nantinya berbentuk pertandingan, pertunjukan dan peragaan baik di bidang seni budaya maupun olahraga tradisional, yang merupakan ciri khas asli masyarakat Dayak Kapuas Hulu.

"Kapuas Hulu ini teridiri dari 21 sub suku Dayak, artinya kita ini kaya seni budaya dan itu harus diketahui khalayak ramai," katanya.

Guna menyukseskan kegiatan tersebut, saat ini dia telah memfasilitasi forum ketemenggungan dan Dewan Adat Dayak Kapuas Hulu untuk mengadakan rapat koordinasi, pembentukan panitia pelaksana.

Panitia melibatkan seluruh sub suku Dayak di Kapuas Hulu. “Kami juga akan mengundang suku-suku lain untuk hadir dan menyaksikan kegiatan ini," katanya.

Kasim berharap melalui kegiatan tersebut dapat menjadi unsur perekat pemersatu bangsa, oleh karena itu ia berharap semua pihak berperan aktif dalam menyukseskan kegiatan tersebut. (sap)