Sekda Kapuas Hulu: Kades Tak Boleh Kelola PAUD

Kapuas Hulu

Editor Andrie P Putra Dibaca : 174

Sekda Kapuas Hulu: Kades Tak Boleh Kelola PAUD
Sekda Kapuas Hulu, M Sukri. (SP/Syapari)
PUTUSSIBAU, SP - Sekda Kapuas Hulu, Muhammad Sukri mengatakan saat ini masih banyak Pendidikan Anak Usaha Dini (PAUD) yang masih belum standar, sehingga berpotensi menimbulkan permasalahan di kemudian hari.

Sukri menjelaskan, PAUD yang sudah ada tersebut harus terus dibina, mengingat selama ini ketika pihaknya turun ke daerah-daerah masih banyak PAUD yang tersebut dikelola oleh kepala desa sendiri.

"Tidak boleh kepala desa memberikan bantuan dan dia juga yang melaksanakannya, saya ingatkan kepala desa agar meningkatkan koordinasi agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari," katanya saat memberikan sambutan pada kegiatan Pelantikan Ketua TP PKK Kecamatan serta rapat konsultasi tingkat Kabupaten Kapuas Hulu tahun 2018, di ruang sidang DPRD, Senin (7/5).

Dijelaskannya, sesuai ketentuan aturan desa menyalurkan bantuan tersebut kepada organisasi, dimana nantinya di dalamnya ada kepala sekolah dan yayasan.


Ketua TP PKK Kabupaten Kapuas Hulu, Ny. Erlinawati Nasir, menjelaskan salah satu program yang digalakkan pihaknya yakni satu desa satu PAUD, program tersebut diakuinya mengalami kendala sebab ada desa yang maju pesat dan ada juga yang tertatih-tatih dalam menjalankan program tersebut.

"Dari 278 desa dan 4 Kelurahan se- Kapuas Hulu, 73 persennya sudah tuntas PAUD sementara 27 persen sisanya masih dalam proses," terangnya

Dalam pembinaan dan mengawasi kegiatan-kegiatan PAUD di desa-desa tersebut, pihaknya bekerja sama dengan Dinas Pendidikan. 

"PAUD tersebut dapat terlaksana berkat dari alokasi Anggaran Dana Desa (ADD), dana itu digunakan khusus untuk pembangunan dan insentif para pendidik," terangnya. (sap)