IP2SB Gelar Seminar Pemanfaatan Medsos, Sekda: Saya Harap Semua Pihak Bersinergi untuk Membangun Kapuas Hulu

Kapuas Hulu

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 169

IP2SB Gelar Seminar Pemanfaatan Medsos, Sekda: Saya Harap Semua Pihak Bersinergi untuk Membangun Kapuas Hulu
Sekda Kapuas Hulu, Muhammad Sukri
Sekda Kapuas Hulu, Muhammad Sukri
"Mari kita saling bersinergi bahu-membahu dalam membangun Bumi Uncak Kapuas, ini tugas kita bersama

PUTUSSIBAU, SP - Sekda Kapuas Hulu, Muhammad Sukri membuka kegiatan seminar pemanfaatan Media Sosial (Medsos) untuk pembangunan Kapuas Hulu. Kegiatan tersebut diadakan oleh Ikatan Pena Peduli Sosial Budaya (IP2SB) Kapuas Hulu, di Aula Polres Kapuas Hulu, Kamis (10/5) pukul 08.00 WIB.

Pada kesempatan tersebut Sukri mengatakan, bahwa kegiatan seperti ini sangat membantu pemerintah daerah, bagaimana membangun Kapuas Hulu yang berstatus hutan konservasi dan juga wilayah perbatasan secara bersama-sama.

"Sementara kontribusi untuk masyarakat Kapuas Hulu, sebagai wilayah konservasi sangat minim sekali," terangnya.

Untuk itu, peran bersama bagaimana Bumi Uncak Kapuas, bisa mendapatkan kontribusi dari pihak luar, sehingga manfaat wilayah konservasi betul-betul dirasakan oleh masyarakat. Maka dari itu, diharapkan dengan adanya kegiatan ini, seluruh yang hadir, mampu manfaatkannya dengan baik. 

"Tema kegiatan seminar ini sangat tepat sesuai dengan kondisi yang sedang hangat saat ini," katanya.

Sementara itu, Kapolres Kapuas Hulu, AKBP Imam Riyadi juga mengapresiasi IP2SB, yang telah melaksanakan kegiatan seminar tersebut. Menurutnya, kegiatan tersebut sangat memberikan manfaat besar bagi masyarakat.
 
"Mari kita saling bersinergi bahu-membahu dalam membangun Bumi Uncak Kapuas, ini tugas kita bersama," katanya.

Diterangkannya, Kapuas Hulu merupakan kabupaten konservasi atau hutan lindung. Namun sayangnya, belum mendapatkan kontribusi dari negara yang mendapatkan manfaat dari wilayah konservasi ini.

"Masyarakat harus merasakan manfaat dari status hutan konservasi itu," harapnya.

Selain itu, Kapuas Hulu adalah wilayah perbatasan dengan negara Malaysia. berbagai persoalan yang ada harus diselesaikan bersama oleh semua pihaknya.

"Media sosial tentunya ada negatif dan positif. Untuk itu, harus tetap berhati-hati menggunakan media sosial tersebut," terangnya.

Apabila media sosial digunakan untuk negatif, dikatakan Kapolres tentu akan mempengaruhi Kamtibmas, namun apabila digunakan untuk hal positif, maka akan membantu pemerintah membangun Bumi Uncak Kapuas.

"Tinggal bagaiman kita menyikapinya, maka dari itu, dengan adanya seminar ini, agar semua tahu cara mengunakan media sosial dengan baik dan benar," pungkasnya.

Semua Harus Bertanggung Jawab

Ketua Ikatan Pena Peduli Sosial Budaya (IP2SB) Kabupaten Kapuas Hulu, Sahirul Hakim mengatakan, tujuan dari seminar pemanfaatan media sosial untuk membangun, tak lain adalah bagaimana untuk sama-sama membangun Kapuas Hulu lebih baik lagi.

"Kapuas Hulu bukan hanya milik satu instansi, tapi milik bersama seluruh masyarakatnya. Karena itu, semuanya harus bertanggungjawab dalam membangunnya," jelasnya.

Sahirul menjelaskan, perkembangan teknologi informasi di media sosial tidak bisa dihindarkan, tentunya media sosial ada nilai positif dan negatif.

"Itu semua bisa memberikan pengaruh besar untuk kemajuan daerah, maupun sebaliknya. Tergantung pemanfaatan Medsos itu sendiri," ucapnya.

Maka dari itu, pentingnya bagi IP2SB untuk melaksanakan kegiatan seminar pemanfaatan media sosial untuk membangun Kapuas Hulu tersebut.

"Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, mampu merangkul semua pihak, baik elemen masyarakat, pemerintah, dan lainnya untuk dapat bersama-sama membangun Kapuas Hulu lebih baik lagi," pungkasnya. (sap/pul)