Viryan Resmikan 'Tuah Silok' Rumah Pintar Pemilu di Kapuas Hulu

Kapuas Hulu

Editor Andrie P Putra Dibaca : 239

Viryan Resmikan 'Tuah Silok' Rumah Pintar Pemilu di Kapuas Hulu
Peresmian rumah pintar Pemilu Tuah Silok. (SP/Syapari)
PUTUSSIBAU, SP - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Viryan Aziz meresmikan Rumah Pintar Pemilu Tuah Silok di KPU Kapuas Hulu, Selasa (15/5).

Ketua KPU Kapuas Hulu Lisma Roliza menjelaskan, arti Tuah Silok. Tuah itu artinya keberuntungan, sementara Silok artinya ikan yang mahal dan menarik dan disukai orang banyak. 

"Artinya keberuntungan karena disukai orang banyak. Maka rumah pintar ini membawa keberuntungan dan disukai banyak orang," katanya.

Rumah pintar ini memanfaatkan ruangan yang ada, meski sederhana namun memenuhi unsur yang dipersyaratkan. 

"Dosen atau mahasiswa yang membutuhkan informasi dan data bisa datang apabila diperlukan," katanya.

Komisioner KPU Kalbar Theresia Masyono Mongaris berharap, rumah pintar Pemilu tersebut dilengkapi ruangan lengkap dan mampu memberikan pemahaman khususnya bagi pemilih pemula bisa belajar dan menimba ilmu tentang tahapan Pemilu.

Sementara KPU RI, Viryan Aziz menjelaskan, Pemilu dan demokrasi sudah dilaksanakan berkali-kali. Namun praktik demokrasi substansial yang tercermin dalam Pemilu belum berjalan sesuai harapan. 

"Bahkan ada wacana yang mendorong pemilihan dilaksanakan DPRD. Namun regulasi Pemilu langsung adalah proses terbaik," terangnya.

Rumah Pintar Pemilu diharapkan dapat menjadi pembelajaran semua pihak dan klarifikasi serta informasi. Mengingat akhir-akhir ini muncul ujaran kebencian, hoaks yang bisa menurunkan kualitas Pemilu. (sap)