Bentuk Pengamanan dari Tingkat Bawah Cegah Terorisme di Perbatasan

Kapuas Hulu

Editor K Balasa Dibaca : 325

Bentuk Pengamanan dari Tingkat Bawah Cegah Terorisme di Perbatasan
Tatap muka Polsek Batang Lupar dengan warga. (SP/Syapari)
PUTUSSIBAU,SP - Polsek di perbatasan RI Malaysia wilayah Batang Lupar melaksanakan kegiatan tatap muka dengan seluruh elemen masyarakat maupun pemerintahan setempat, Kamis (16/5).

Kapolsek Batang Lupar, Ipda Rajiman mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya untuk menyikapi situasi yang sekarang sedang  berkembang di Indonesia, utamanya terkait ancaman terorisme.

"Saat ini tindakan terorisme sudah menelan korban jiwa baik dari aparat pemerintahan maupun sipil," katanya.

Dijelaskannya, kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh unsur pemerintahan mulai dari kecamatan, desa dan tokoh agama  tokoh masyarakat dan lain -lain.

"Ada beberapa hal penting yang harus disikapi dan dilakukan dalam mencegah terjadinya terorisme di wilayah hukum Kecamatan Batang Lupar," terangnya.

Ditambahkannya, antara lain yang pertama pembentukan pengamanan di tingkat bawah yaitu di desa desa dan dusun dusun, bahkan hingga di RT, RW dengan pembinaan yang dilakukan oleh Kades, Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa.

"Ini sebagai upaya kami untuk melakukan tugas pencegahan dan tangkal serta deteksi dini," katanya.

Selanjutnya, yang kedua mari  bersinergi semua pihak dalam melakukan tugasnya, untuk saling kerja sama, saling tukar informasi dan lakukan evaluasi untuk mengakomodir saran pendapat masyarakat.

"Sehingga nantinya akan terwujudnya Kamtibmas di tengah tengah masyarakat," jelasnya.

Kemudian yang ketiga, seluruh ASN dan pemerintahan desa mau bekerja sama dan rela berkorban  untuk mewujudkan  keamanan dan ketertiban di masyarakat dan selalu melakukan pendampingan kepada mayarakat.

"Menjaga Kamtibmas ini tugas kita bersama bukan hanya tugas aparat penegak hukum saja," terangnya. (sap)