Jelang Lebaran, Barang Malaysia Dijual Bebas di Putussibau

Kapuas Hulu

Editor Indra W Dibaca : 378

Jelang Lebaran, Barang Malaysia Dijual Bebas di Putussibau
Kepala Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan Kapuas Hulu, Abang Chairul Saleh. (SP/Sap)
PUTUSSIBAU, SP - Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 H, barang-barang kebutuhan pokok dari negara tetangga Malaysia masih diperjualbelikan secara bebas di toko-toko yang ada di wilayah Putussibau.

Kepala Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan Kabupaten Kapuas Hulu, Abang Chairul Saleh, menjelaskan, barang-barang asal Malaysia tersebut berupa gula, makanan ringan, makanan instan, sabun, sosis dan lain sebagainya.

"Penindakan itu bukan kewenangan kami. Kami mengimbau agar para pedagang tidak menjual barang-barang ilegal dari Malaysia," katanya.

Dijelaskannya, para pedagang biasanya membawa barang-barang Malaysia tersebut dari wilayah Perbatasan RI- Malaysia di Kecamatan Badau.

Abang Chairul menambahkan, barang-barang kebutuhan pokok yang dikendalikan pihaknya adalah seperti bawang, minyak goreng, gula, daging, beras, cabe dan sebagainya. Ketersediaannya saat ini sudah mencukupi, dan tidak terjadi kelangkaan di pasaran.

“Untuk harga memang ada yang mengalami kenaikan, namun tidak terlalu tinggi dan masih terjangkau oleh masyarakat,” katanya.

"Kami juga menurunkan tim untuk melakukan pengecekkan di lapangan terkait barang-barang kedaluwarsa, hanya saja kami tidak bisa melakukan penindakan karena kewenangannya telah diambil alih provinsi," tambahnya.

Berdasarkan pantauan pihaknya masih banyak barang-barang kedaluwarsa yang beredar di toko-toko yang ada di wilayah Kapuas Hulu dan hal tersebut telah disampaikan ke pihak Provinsi Kalbar. (sap)