Untuk Kali Pertama, Pekan Gawai Dayak Kapuas Hulu Akan Digelar

Kapuas Hulu

Editor Indra W Dibaca : 267

Untuk Kali Pertama, Pekan Gawai Dayak Kapuas Hulu Akan Digelar
Ketua PGD Kapuas Hulu ke 1 Fabianus Kasim bersama Bupati Kapuas Hulu. (SP/Sap)
PUTUSSIBAU, SP - Bupati Kapuas Hulu Abang Muhammad Nasir meminta agar Panitia Pekan Gawai Dayak (PGD) Kapuas Hulu ke 1 mempersiapkan kegiatan seoptimal mungkin. 

Kegiatan tersebut nantinya akan dihadiri oleh seluruh elemen masyarakat dari kabupaten dan provinsi lain, termasuk tamu dari negara tetangga.

"Kegiatan ini harus dipersiapkan sematang mungkin," pesannya.

Dijelaskan bupati, panitia juga harus kompak dan berusaha seoptimal mungkin agar kegiatan berjalan sesuai yang diharapkan, sehingga akan membanggakan Bumi Uncak Kapuas.

Ketua PGD Kapuas Hulu ke 1 Fabianus Kasim menjelaskan, kegiatan akan dilaksanakan pada 24 sampai 28 Juli 2018 dan dipusatkan di Gor Uncak Kapuas Putussibau.

"Kita mengusung tema menjadikan seni budaya sebagai media perekat persatuan dan kesatuan bangsa," ujarnya.

Dikatakan Kasim, pelaksanaan Gawai Dayak selama ini rutin diadakan di daerah-daerah di Kapuas Hulu, namun untuk pelaksanaan di tingkat kabupaten baru kali pertama ini akan dilaksanakan.

"Terkait ini kami sudah meminta restu dan dukungan dari bupati," katanya.

PGD ke 1 ini juga akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seperti lomba melukis perisai, sastra lisan, kuliner khas Dayak untuk komersil, menghias stand pameran, menganyam manik, serta pop singer lagu Dayak.

"Termasuk Bujang Dara Gawai Dayak Uncak Kapuas, peragaan busana Dayak, pertunjukkan 100 sape dan pertandingan olahraga tradisional serta kegiatan lainnya," terangnya. (sap)