Masyarakat Kapuas Hulu Minta Perolehan Suara Pilgub Dikawal Ketat

Kapuas Hulu

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 169

Masyarakat Kapuas Hulu Minta Perolehan Suara Pilgub Dikawal Ketat
KAWAL - Anggota Polsek Batang Lupar kawal logistik Pilkada 2018. Di Kapuas Hulu banyak wilayah yang sulit dijangkau, karena jarak dan medannya yang sangat sulit, seperti di Kecamatan Putussibau Selatan. Dari itu pengawalan perlu di tingkatkan. (SP/Sap)
PUTUSSIBAU, SP - Sejumlah masyarakat Kapuas Hulu meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat agar mengawal perolehan suara Pilgub Kalbar 2018, mengingat potensi-potensi kecurangan bisa saja terjadi.

Warga Putussibau, Joni mengatakan, tugas KPU, Panwaslu, TNI dan Polri serta instansi lainnya belum berakhir, sebab belum ada keputusan resmi terkait perolehan suara masing-masing Paslon dari KPU, pengawalan harus terus di tingkatkan.

"Suara rakyat harus dikawal, jangan sampai terjadi penyimpangan sebab itu amanah," katanya, Minggu (1/7).

Apalagi di Kapuas Hulu terdapat beberapa wilayah yang sulit dijangkau, karena jarak dan medannya yang sangat sulit, seperti di Kecamatan Putussibau Selatan.

"Di sana mengandalkan transportasi air, untuk itu C1 harus segera sampai di kecamatan agar tidak terjadi kecurangan di jalan," terangnya.

Warga lainnya, Novi menyayangkan website KPU Kapuas Hulu saat ini sudah tidak bisa lagi diakses, sehingga masyarakat tidak bisa mengetahui perkembangan hasil perolehan suara Paslon.

"KPU dab lembaga lainnya harus netral dan jangan sampai diintervensi oleh oknum tertentu," terangnya.

Novi meminta, KPU menjelaskan mengapa web tersebut tidak bisa diakses, jangan sampai hal ini menimbulkan kecurigaan dari masyarakat. Dalam penyelenggaran Pemilu, semua pihak harus menjunjung tinggi keterbukaan.

"Kami juga meminta secepatnya KPU segera mengumumkan hasilnya secara resmi agar tidak terjadi polemik di masyarakat," terangnya.

Terpisah, Kapolsek Batang Lupar, Ipda Rajiman mengatakan, dalam rangka keamanan pergeseran logistik Pilkada dari Kecamatan Batang Lupar ke KPU Kapuas Hulu, Polsek telah menerjunkan dua personel untuk melakukan pengawalan.

"Pengawalan tersebut tidak hanya dilakukan personel Polsek saja, namun juga melibatkan dua personel TNI dan satu orang dari Pol PP beserta Ketua PPK dan anggota," jelasnya.

Lanjutnya, ini semua untuk menjamin keamanan terhadap logistik Pilkada sampai ke tujuan. Dari PPK akan melakukan serah terima tugas dan tanggung jawab terhadap logistik Pilkada yang telah selesai dirapat pleno tingkat kecamatan. (sap/pul)