Anton: APBD Bangun 23 Kecamatan hanya 10 Persen

Kapuas Hulu

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 88

Anton: APBD Bangun 23 Kecamatan hanya 10 Persen
Ilustrasi. (Net)
PUTUSSIBAU, SP - Wakil Bupati Kapuas Hulu, Antonius L Ain Pamero mengatakan, pembagian persentasi dan peruntukan penggunaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Bumi Uncak Kapuas. Dimana 50 persen digunakan untuk membiayai operasional dan membayar gaji Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berjumlah sebanyak 5.634 pegawai.

"Dana APBD juga digunakan untuk membiayai pendidikan sebesar 20 persen, Kesehatan 10 persen dan Alokasi Dana Desa 10 persen," terangnya saat menghadiri kegiatan Keluarga Berencana (KB) di Kecamatan Kalis belum lama ini.

Artinya, hanya tertinggal 10 persen saja dana APBD yang bisa dikelola untuk membangun 23 kecamatan se-Kapuas Hulu. Dengan dana yang terbatas tersebut, Pemkab tidak bisa berbuat banyak.

"Memang kami akui saat ini di Bumi Uncak Kapuas masih banyak daerah yang memerlukan pembangunan," katanya.

Ditegaskannya, jika semua sudah mengetahui bagaimana struktur APBD dan sumber keuangan yang ada, pihaknya tidak akan berani untuk berbicara besar. Terkait keuangan daerah ini sudah dipahaminya sejak duduk di kursi legislatif.

"Makanya, dulu ketika saya diminta menjadi juru kampanye saat maju menjadi bupati dan wakil bupati mendampinggi Abang Muhammad Nasir, saya tidak pernah mau berjanji kepada masyarakat," tuturnya.

Dikatakannya, Abang Muhammad Nasir sudah beberapa kali dimarahi dan ditegur oleh masyarakatnya sendiri, karena jalan darat menuju Kecamatan Bunut Hilir sampai saat ini masih belum tuntas pembangunannya.

"Sementara kalau jalan itu dituntaskan dalam waktu cepat, dana APBD Kapuas Hulu akan habis dan tidak bisa untuk membangun 23 kecamatan lain," terangnya.

Untuk mengatasi keterbatasan anggaran yang saat ini dihadapi Pemkab Kapuas Hulu, Anton telah memerintahkan kepada SKPD yang ada untuk terus berusaha menjolok dana pembangunan ke pusat. (sap/pul)