Tidak Ada Mobilisasi Massa, Dandim Pastikan Pleno KPU Kapuas Hulu Aman

Kapuas Hulu

Editor Indra W Dibaca : 345

Tidak Ada Mobilisasi Massa, Dandim Pastikan Pleno KPU Kapuas Hulu Aman
Apel Kesiapan Pengamanan Rekapitulasi Penghitungan Suara Tingkat Kabupaten Kapuas Hulu, Rabu (4/7). (SP/Sap)
PUTUSSIBAU, SP- Dandim Kodim 1206 Putussibau, Letkol Infantri M.Ibnu Subroto memastikan tidak akan ada mobilisasi massa pada Rapat Pleno Rekapitulasi Perhitungan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar di tingkat kabupaten yang dilaksanakan oleh KPU Kapuas Hulu di Gedung DPRD, Kamis (5/7) pukul 08.30 WIB. 

"Kemungkinan nanti mobilisasi massa justru di Pontianak. Untuk mengantisipasi hal itu kami akan menutup sejumlah titik jalan menuju Pontianak," katanya dalam Apel Kesiapan Pengamanan Rekapitulasi Penghitungan Suara Tingkat Kabupaten Kapuas Hulu, Rabu (4/7).

Dandim menjelaskan, penutupan akses jalan menuju Pontianak akan dilakukan selama dua hari dari tanggal 7-9 Juli 2018, karena kemungkinan akan ada massa dari Kapuas Hulu yang bergerak menuju Pontianak.

"Untuk jumlah massanya belum bisa kita pastikan, yang kita rawankan justru di Pontianak," terangnya.

Adapun jumlah personil yang akan disiagakan sebanyak 309 personil. 

"Untuk rekapitulasi suara tingkat Kabupaten Kapuas Hulu dipastikan aman. Jika terjadi tindakan anarkis pada saat rapat pleno maka petugas tidak akan segan-segan untuk melakukan tindakan tegas," katanya.

Sementara, Kapolres Kapuas Hulu, AKBP Imam Riyadi menjelaskan, sampai saat ini belum ada informasi terkait mobilisasi masa ke KPU Kapuas Hulu. Pihaknya selalu memantau situasi dan kondisi di lapangan. Berbagai langkah antisipasi juga sudah dilakukan.

"Jagalah keharmonisan di Kapuas Hulu, jangan mudah terprovokasi," pintanya.

Sebelumnya, Ketua KPU Kapuas Hulu Ahmad Yani menjelaskan, untuk saat ini logistik dari PPK sudah sampai semua di kabupaten, untuk itu Rapat Pleno direncanakan akan dilaksanakan pada Kamis (5/7) mendatang. (sap)