Sosialisasi Manajemen Pegawai Negeri Sipil, PNS Mesti Tingkatkan Mutu Pelayanan Masyarakat

Kapuas Hulu

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 49

Sosialisasi Manajemen Pegawai Negeri Sipil, PNS Mesti Tingkatkan Mutu Pelayanan Masyarakat
SOSIALISASI - Wakil Bupati Kapuas Hulu, Antonius L Ain Pamero membuka kegiatan Sosialisasi Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2007 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS), di Aula Bank Kalbar Putussibau, Rabu (4/7). Diharapkan dari kegiatan ini, PNS
Penting bagi PNS melakukan peningkatan mutu pelayanan publik, baik kepada masyarakat maupun terhadap sesama PNS agar mampu memberikan pelayanan yang terbaik serta mampu memberikan iklim kerja yang  kondusif.

SP - Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Kapuas Hulu, Antonius L Ain Pamero saat membuka kegiatan Sosialisasi Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2007 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS), bagi Kasubbag Aparatur dan Umum di lingkungan Pemda setempat, di Aula Bank Kalbar Putussibau, Rabu (4/7).

“Melalui kegiatan ini, kami mengingatkan kepada Kasubbag Aparatur dan Umum terkait adanya perubahan dalam manajemen kepegawaian untuk meningkatkan tugas pokok dan fungsi masing-masing, serta meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan,” terangnya.

Kemajuan zaman menuntut untuk bekerja keras dengan hasil kerja yang berkualitas tinggi. Selain itu, harus mampu mengembangkan diri untuk negara dan masyarakat. Dimana saat ini masyarakat semakin kritis dalam menyampaikan aspirasi dan melakukam kontrol terhadap apa yang dilakukan Pemda.

“Ini merupakan tantangan yang harus kita jawab, dengan cara mengembangkan diri terus menerus melalui upaya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan,” jelasnya.

Perlu diketahui bersama, semangat pengabdian harus mengedepankan produktifitas dan kinerja. Antara lain melayani bukan dilayani, mendorong bukan menghambat, mempermudah bukan mempersulit, sederhana bukan berbelit-belit, memotivasi bukan menunggu, dimotivasi dan menjadi contoh bukan diberi contoh.

“Melalui kegiatan ini, nantinya akan menjadi modal pengetahuan yang terus dikembangkan dengan inovasi yang dimiliki,” terangnya.

Warga Putussibau, Yos mengatakan, para ASN digaji untuk mengabdi kepada negara dan rakyat. Untuk itu, perlakukan masyarakat dengan baik bukan dengan keangkuhan dan kesombongan. PNS diharapkan bisa meningkatkan kinerjanya dalam memberikan pelayaan tanpa membedakan antara yang miskin dengan yang kaya.

“Bagi mereka yang benar-benar bekerja melayani masyarakat harus diberikan penghargaan, sementara bagi mereka yang tidak serius diberikan sanksi yang tegas,” pintanya. 

Selain itu, meninggalkan kebiasaan buruk, yakni melakukan Pungli dalam memberikan pelayanan. Hal itu selain merusak mental juga merugikan masyarakat, jika terbukti masih ada yang mempraktekan cara itu agar dilaporkan dan ditindak.

“Pelaku itu berpotensi menamankan prilaku buruk dengan mengajarkan masyarakat tidak mengikuti prosedur, sehingga sebagian menganggap jika ada uang semua urusan pasti beres,” pungkasnya. (syafari/pul)