Warga Kapuas Hulu Dambakan Generasi Muda Jadi Wakil Rakyat

Kapuas Hulu

Editor Indra W Dibaca : 496

Warga Kapuas Hulu Dambakan Generasi Muda Jadi Wakil Rakyat
Ilustrasi. (Net)
PUTUSSIBAU, SP - Sejumlah masyarakat Bumi Uncak Kapuas menginginkan generasi muda berpartisipasi untuk mencalonkan diri maju pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 mendatang.

Warga Putussibau, Jamri mengatakan, sekarang sudah saatnya estafet jabatan politik di Kapuas Hulu diserahkan kepada yang muda, sebab mereka memiliki kemampuan di bidang akademik melebihi kemampuan generasi tua.

"Mereka ini lahir dari akademisi dan aktivis, mereka benar-benar kuliah dan tidak beli ijasah, jadi saya meyakini mereka mampu membuat perubahan yang besar bagi Bumi Uncak Kapuas," katanya, Minggu (8/7).

Ditambahkannya, saat ini masyarakat mendambakan sosok figur para pemuda untuk memimpin dan menjadi wakil rakyat di Kapuas Hulu, hal ini dilatarbelakangi kekeceawaan mereka terhadap para politisi yang terus mengumbar janji, namun tanpa realisasi.

"Sebenarnya saat ini masyarakat sudah jenuh dengan keadaan yang ada, hampir setiap persoalan masyarakat tidak pernah teratasi oleh para politisi," kesalnya.

Warga lainnya, Wandi mengatakan, sekarang sudah saatnya Kapuas Hulu ganti wakil rakyat, dari 30 kursi yang ada di DPRD, paling tidak sebagiannya harus diganti dengan generasi yang baru.

"Masyarakat kita sudah semakin cerdas, mereka tidak akan mau dibodohi lagi, mereka tahu mana yang layak untuk diperjuangkan," terangnya.

Dijelaskannya, cara-cara politik lama haruslah ditinggalkan seperti membeli suara rakyat, membodohi rakyat dengan isu yang tidak benar, mengumbar janji dan sebagainya.

"Tidak mungkin sapu yang kotor mampu membersihkan lantai yang kotor, kita butuh sapu yang bersih untuk membersihkan lantai yang kotor," katanya.

Bacaleg DPRD Kapuas Hulu Ivan Suryadi mengungkapkan, generasi muda memiliki loyalitas dan idialisme yang tinggi terhadap masyarakat, selain itu mereka juga terpanggil hatinya untuk bertarung di Pileg 2019 mendatang, karena melihat kondisi Kapuas Hulu yang masih belum sesuai harapan masyarakat.

"Generasi muda menawarkan perubahan, niat baik ini tentunya harus didukung oleh masyarakat," pintanya.

Terpisah, Ketua DPC Hanura Kapuas Hulu Fabianus Kasim mengatakan, dirinya saat ini terus mendorong figur-figur terbaik yang ada agar berpartisifasi dalam politik.

"Hanura membuka kesempatan yang sebesar -besarnya bagi seluruh tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh adat, pensiunan Birokrat dan Pensiunan TNI serta Polri untuk terjun ke politik demi membangun dan mensejahterakan masyarakat," jelasnya.

Dikatakan Kasim, saat ini Hanura Kapuas Hulu baru memiliki dua kursi di DPRD Kapuas Hulu, ke depan pihaknya menargetkan minimal mendapatkan 4 kursi dewan, dengan asumsi satu Dapil satu kursi. (sap)