Tak Penuhi Syarat Beberapa Desa Belum Dicairkan DD

Kapuas Hulu

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 188

Tak Penuhi Syarat Beberapa Desa Belum Dicairkan DD
Ilustrasi. (Net)
PUTUSSIBAU, SP - Kepala Dinas Pemberdayaan Mayarakat dan Desa Kapua Hulu, Alfiansyah mengatakan, sampai saat ini masih ada beberapa desa yang belum dicairkan Dana Desa (DD) tahap dua. Hal itu dikarenakan belum memenuhi persyaratan sesuai ketentuan aturan yang berlaku.

Dijelaskannya, pencairan ADD dan Dana Desa DD tahap dua sudah dimulai pada Mei 2018. Sampai saat ini sudah ada beberapa desa yang sudah dicairkan dan ada juga yang belum.

"Pemdes dan BKD konsen untuk secepatnya menyalurkan dana tersebut, namun tentunya harus sesuai dengan prosedur yang ada," terangnya, Senin (9/7).
 
Ditambahkannya, mencairkan dana tersebut harus dengan prosedur yang benar, bukan secara asal-asalan, sebab hal itu berkaitan dengan aturan. "Jadi saya minta Kades juga harus memahami hal ini," katanya.

Dijelaskannya, mereka yang belum dicairkan anggarannya karena belum terpenuhi syarat-syaratnya, permasalahan itu sudah sering dibahas dan diingatkan dari tahun-tahun sebelumnya dan seharusnya para Kades mengerti.

"Tidak ada alasan jika Kades tidak tau syarat pencairan ADD dan DD pada setiap tahapannya," terangnya.

Lanjutnya, syarat tersebut seperti laporan pertanggungjawaban tahap 1 dan laporan semester atau tahun APBDES 2017.

"ketentuannya secara teknis dapat diminta di Kabid atau Kasi yang ada di Pemdes," jelasnya.

Diterangkannya, untuk tahap satu pencairannya sudah dimulai awal April dan tahap dua sudah dimulai Mei 2018.

"Untuk itu, saya minta para Kades agar mengikuti aturan dan prosedur yang ada agar dananya dapat segera dicairkan," imbaunya. (sap/pul)