Warga Perbatasan Dukung Jokowi Dua Periode

Kapuas Hulu

Editor Andrie P Putra Dibaca : 1310

Warga Perbatasan Dukung Jokowi Dua Periode
Presiden Jokowi saat mengunjungi PLBN Entikong beberapa waktu lalu.
PUTUSSIBAU, SP - Warga perbatasan RI-Malaysia wilayah Kapuas Hulu, mendukung Joko Widodo mencalonkan diri kembali menjadi Presiden RI 2019 mendatang. Warga Badau, Joni mengatakan, semenjak Joko Widodo menjadi presiden, wilayah perbatasan RI-Malaysia benar-benar diperhatikan, banyak pembangunan yang dilakukan, seperti di Kecamatan Puring Kencana, Empanang, Badau dan Batang Lupar.  

"Saat ini jalan dan jembatan sudah sangat bagus, bila dibandingkan waktu sebelumnya," ujarnya, Rabu (11/7).  

Selain itu, di Badau juga telah dibangun Border PLBN Terpadu, rumah sakit berstandar nasional dan masih banyak fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan masyarakat lainnya.  

"Bahkan saat ini SPBU BBM satu harga juga sudah dibangun di Puring Kencana, harga BBM pun jadi terjangkau," jelasnya.

Selama ini, sebelum ada program BBM satu harga, warga perbatasan menggunakan BBM dan gas elpiji dari Malaysia, termasuk barang-barang kebutuhan pokok, karena harganya yang lebih murah.  

"Jika beliau terpilih kembali, pastinya program yang sudah ada akan dilanjutkan," terangnya.  

Warga Kecamatan Puring Kencana, Hendrikus mengatakan, ke depan beberapa hal yang perlu diperhatikan pemerintah, seperti masalah pendidikan, mengingat minimnya fasilitas pendidikan di daerah sendiri, membuat warga lebih memilih bersekolah di Malaysia.  

"Putra-putri kami di sini banyak yang sudah sarjana, hanya saja sulit mencari kerja, ke depan kami minta ada jalur khusus prioritas penerimaan PNS wilayah perbatasan," harapnya.  

Selain itu juga, pemerintah harus bisa menyediakan barang kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau dan menaikan harga jual hasil pertanian dan perkebunan produk lokal, seperti lada/sahang, karet dan hasil alam lainnya.  

"Perusahaan-perusahaan perkebunan sawit yang ada diperbatasan juga diminta agar mempekerjakan masyarakat lokal. Kami minta pemerintah membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya bagi masyarakat," harapnya.  

Camat Puring Kencana Herkulanus Albinus mengatakan, sudah ada beberapa pembangunan dari pemerintah pusat di wilayahnya, seperti Puskesmas dan SPBU.  

"Kami juga sudah banyak mengusulkan pembangunan ke pusat melalui Musrenbang secara berjenjang," katanya belum lama ini.  

Dijelaskannya, saat ini yang paling dibutuhkan masyarakat seperti infrastruktur dasar, yakni jalan dan jembatan, sejauh ini perhatian pemerintah pusat terhadap wilayah perbatasan sudah sangat luar biasa.  

"Kami sangat terbantu dengan program-program pemerintah di perbatasan. Kita harapkan ke depan lebih baik lagi," pungkasnya. (sap/pul)