Barry Fernando: Ditangkapnya Terduga Teroris Tamparan Keras Keamanan

Kapuas Hulu

Editor Indra W Dibaca : 6925

Barry Fernando: Ditangkapnya Terduga Teroris Tamparan Keras Keamanan
Ketua Sapma Pemuda Pancasila Kapuas Hulu, M. Barry Fernando
KAPUAS HULU, SP - Pasca ditangkapnya terduga teroris di Kapuas Hulu, Ketua Sapma Pemuda Pancasila Kapuas Hulu, M. Barry Fernando mengatakan selama ini di Kapuas Hulu terkenal aman dan damai. Ditangkapnya terduga teroris di Kecamatan Mentebah, membuat dirinya prihatin dan sedih.

Barry menduga jaringan terorisme saat ini semakin besar dan kuat, apalagi melihat kondisi wilayah Kapuas Hulu yang berada di perbatasan RI- Malaysia.

"Kejadian ini menjadi tamparan keras bagi pihak kepolisian, TNI, dan masyarakat, masalah ini bukan menjadi tanggung jawab pihak kepolisian saja tapi sudah menjadi masalah kita semua warga Indonesia lebih khususnya warga Kapuas Hulu," terangnya, Rabu (25/7) malam.

Dia berharap ke depan pengamanan lebih diperkuat lagi, utamanya di titik-titik rawan.

"Tutup rapat-rapat ruang masuk para terorisme, dengan sudah banyaknya sosialisasi tentang terosisme yang diberikan kepada masyrakat, saya menyarankan kerja sama (koordinasi) yang baik dan kuat antara pihak kepolisian dan masyarakat," pintanya.

Keterlibatan masyarakat penting karena mereka lebih mengetahui situasi dan lokasi di daerahnya. Aparat pemerintahan yang ada di kecamatan dan di desa juga mesti menggalakkan lagi program Poskamling.

"Jaga keamanan daerahnya masing-masing. Jika ada orang asing dan mencurigakan langsung laporkan ke pihak yang berwajib dan jangan main hakim sendiri karena negara kita adalah negara hukum," terangnya.

Sebagai organisasi kepemudaan Sapma PP Kapuas Hulu akan menyerukan kepada seluruh warga terutama generasi muda untuk bersama dalam melawan segala bentuk radikalisme dan terorisme.

"Yang pertama menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam diri, hal ini bisa mencegah masuknya paham-paham radikalisme dan terorisme, dengan cara menanamkan nilai-nilai agama, wawasan kebangsaan dan Pancasila," terangnya.

Lanjutnya, secara nyata pihaknya akan mengadakan kegiatan-kegiatan positif seperti doktrinisasi Pancasila dan bela negara agar mencintai NKRI. (sap/bls)