Dengan Dana Minim dan Persiapan Singkat, Gawai Dayak Kapuas Hulu Sukses

Kapuas Hulu

Editor Indra W Dibaca : 184

Dengan Dana Minim dan Persiapan Singkat, Gawai Dayak Kapuas Hulu Sukses
Ketua Panitia Gawai Dayak 2018, Fabianus Kasim. (Ist)
PUTUSSIBAU, SP - Dengan dana yang minim, Gawai Dayak Kapuas Hulu perdana 2018 dapat terlaksana dengan aman, lancar, sukses dan meriah.

Belasan ribu orang dari berbagai suku yang ada di Kapuas Hulu, memadati GOR Uncak Kapuas Putussibau pada puncak acara malam penutupan Gawai Dayak, akhir pekan kemarin. 

Ketua Panitia Gawai Dayak 2018, Fabianus Kasim menjelaskan, dirinya dari awal sudah menduga jika kunjungan masyarakat pasti membludak. Hal itu dikarenakan Bumi Uncak Kapuas baru pertama kali melaksanakan Gawai Dayak, sehingga pastinya masyarakat sangat penasaran dan beramai-ramai datang untuk menyaksikan acara tersebut.

"Kegiatan ini mampu menyedot para pengunjung lintas etnis dan golongan termasuk para pencinta budaya," katanya, Rabu (1/8).

Diterangkannya, padahal kegiatan tersebut hanya dipersiapkan dalam waktu yang singkat yakni sekitar tiga bulan sesuai dengan SK Nomor 01/DAD KH/2018 pada tanggal 8 Mei 2018.

"Untuk kegiatan itu kami menggunakan dana Pemda sebanyak Rp150 juta, pinjaman dari lembaga tertentu Rp50 juta, bantuan sponsor perorang dan perusahaan BUMD Rp70 juta serta usaha khusus panitia Rp200 juta," ungkapnya.

Untuk menyukseskan kegiatan ini, panitia menggunakan kebijakan khusus. Adapun untuk rincian pengeluarannya, biaya panggung, sound syestem, lighting dan dekor Rp120 juta. P

Pengadaansarana, media, seksi acara, dan uang pembinaan serta petugas pertandingan perlombaan dan pementasan Rp150 juta, dana kesekretariatan sekitar Rp75 juta dan pembiayaan seksi lain serta keterlibatan pihak ketiga dalam mendukung acara Rp150 juta.

"Untuk estimasi sementara kegiatan tersebut Rp485 juta, panitia saat ini sedang membuat LPJ kegiatan," katanya. D

Diterangkannya tujuan dari kegiatan Gawai Dayak tersebut dalam rangka mendukung kegiatan Pemda Kapuas Hulu, khususnya Dinas Pariwisata, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Disperindag.

"Bumi Uncak Kapuas memiliki potensi budaya dan wisata yang mengangumkan dunia, untuk itu butuh kerjasama dari semua pihak untuk mendorong sektor wisata ini agar lebih maju dan bermanfaat bagi masyarakat," terangnya.

Kesuksesan kegiatan tersebut tidak terlepas dari peran semua pihak yang ikut serta mambantu. Kasim menyampaikan rasa terimakasih terhadap Kapolres Kapuas Hulu, Dandim 1206/ Putussibau, Dansup, Danyon Walet Sakti yang membantu dalam proses pengamanan sehingga kegiatan dapat terlaksana secara aman dan terkendali.

"Saya sampaikan rasa terimakasih saya juga kepada. FKPPI, Pemuda Pancasila, IPDKH dan Anggota Pemuda Melayu, Tagana dan pihak-pihak lainnya," terangnya.

Selain itu, ia juga menyampaikan terimakasih terhadap Ketua Forum Ketemenggungan beserta seluruh temenggung se Kapuas Hulu, rohaniawan, kades, tokoh adat, ketua sanggar, kepala sekolah dan pelajar, phukat tiger, juri, koordinator seksi dan peserta lomba dan pertandingan.

"MABM, Yayasan Bhakti Suci Putussibau, Ketua Reog dan Kuda Lumping Kapuas Hulu yang ikut meramaikan kegiatan ini," katanya.

Serta yang tidak kalah penting terhadap para donatur dan sponsor baik perorangan maupun instansi swasta, BUMN, BUMD, pemerintah, dan peserta stand pameran barang dan jasa baik secara materil maupun moril sehingga kegiatan ini dapat terlaksana. (sap)