Legislator Soroti Pengeroyokan Siswa SMAN 1 Bunut Hilir

Kapuas Hulu

Editor Indra W Dibaca : 614

Legislator Soroti Pengeroyokan Siswa SMAN 1 Bunut Hilir
Ilustrasi. (Net)
PUTUSSIBAU, SP - Terkait kasus pengeroyokan pelajar di SMAN 1 Bunut Hilir, Anggota DPRD Kapuas Hulu, Fabianus Kasim mengatakan, peran guru sangat diperlukan untuk memantau para pelajarnya agar tidak melakukan kenakalan di sekolah.

Dikatakannya, gejala komunikasi antar siswa haruslah diperhatikan agar mereka tidak melakukan pengelompokkan-pengelompokan dan melakukan tindakan yang tidak sejalan dengan tujuan pendidikan.

"Mereka harus dicegah dan diberikan pemahaman, bila perlu diadakan pemanggilan orang tua murid agar bersama -sama mengadakan pembinaan," katanya.

Selanjutnya, guru harus melakukan pengawasan khusus terhadap para pelajar-pelajar yang bermasalah tersebut. 

"Terkait penegakkan hukum positif harus melihat dari tingkat kasus pidana yang terjadi, usia anak dan efek sosial harus dipertimbangkan," terangnya.

Lanjutnya, dalam hal ini pihak berwajiblah yang lebih bisa menentukan apa yang bisa mereka lakukan dalam permasalahan tersebut.

"Ini menjadi pelajaran bagi orang tua murid, para penyelenggara pendidiikan, kaum rohaniawan dan penegak hukum agar ke depan dapat melakukan pembinaan karakter dan mental" harapnya.

Ditambahkannya, hal tersebut tentunya bukan hanya menjadi tugas dewan guru saja saat di sekolah, tetapi adalah tugas bersama untuk mendidik, membina dan memberikan perhatian kepada anak-anak bangsa. (sap)