Meriahkan HUT Kemerdekaan RI, Siswa SMAN 1 Bunut Hilir Akan Jalan Kaki 20 Kilometer

Kapuas Hulu

Editor Indra W Dibaca : 164

Meriahkan HUT Kemerdekaan RI, Siswa SMAN 1 Bunut Hilir Akan Jalan Kaki 20 Kilometer
Ilustrasi. (Net)
PUTUSSIBAU, SP - Pramuka dan Palang Merah Remaja (PMR) SMAN 1 Bunut Hilir akan mengadakan kegiatan jalan kaki sejauh 20 kilometer dalam rangka memperingati HUT RI 17 Agustus 2018.

Pembina Pramuka dan PMR SMAN 1 Bunut Hilir, Khairus Sholihin menerangkan, jalan kaki tersebut akan dilaksanakan mulai dari tanggal 16- 17 Agustus 2018.

"Peserta akan berjalan kaki mulai dari Desa Kampung Baru perbatasan Boyan Tanjung- Bunut Hilir menuju Kecamatan Bunut Hilir," katanya, Minggu (5/8).

Tujuan dari kegiatan tersebut dijelaskan Sholihin, untuk meningkatkan rasa nasionalisme terhadap siswa agar mereka bangga terhadap bangsa dan negara, serta menumbukan jiwa-jiwa patriotisme.

"Jadi mereka bisa merasakan bagaimana perjuangan pahlawan terdahulu dalam bergeriliya dengan berjalan kaki," harapnya.

Selain itu, dengan upaya tersebut diharapkan dapat menghindari sikap anarkisme dan premanisme di lingkungan pelajar.

"Selama ini Bunut Hilir sangat terisolir karena tidak memiliki jalan darat, dengan sudah terbangunnya jalan darat saat ini, kita mau mereka merasakan wujud kemerdekaan ini dan berharap mereka bisa mengisinya," harap Sholihin.

Perjalanan kaki nantinya akan dilaksanakan mulai dari tanggal 16-17 Agustus 2018, dimana peserta akan berkemah menginap di jalan.

"Sesampainya di Bunut Hilir mereka nantinya langsung mengikuti Upacara 17 Agustus 2018," kata Guru Agama Islam ini.

Perjalanan kaki yang ditempuh dalam waktu sekitar 6 jam ini, akan diikuti oleh peserta sekitar 20-30 orang dengan melibatkan Pramuka, PMR dan menggandeng Puskesmas Bunut Hilir sebagai tim kesehatan.

"Tidak semua pelajar kita libatkan, sebab kita mempertimbangkan kemampuan fisik mereka," tutupnya. (sap)