Polisi dan Sapma PP Jaga Keamanan Misa Malam

Kapuas Hulu

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 53

Polisi dan Sapma PP Jaga Keamanan Misa Malam
MENJAGA - Polsek Putussibau Utara dan Sapma Pemuda Pancasila Kapuas Hulu saat melakukan penjagaan Malam Misa di Gereja Santa Perawan Tak Bernoda Putussibau. (SP/Syafari)
PUTUSSIBAU, SP - Polsek Putussibau Utara dan Sapma Pemuda Pancasila (PP) Kapuas Hulu memperketat pengamanan Misa Malam di Gereja Katolik Hati Santa Perawan Maria Tak Bernoda Putussibau, Jalan A Yani, Kecamatan Putussibau Utara, Minggu malam (5/8).

Kanit Sabhara Polsek Putussibau Utara, Bripka Suprapto menjelaskan, Pengamanan dilaksanakan dengan tujuan agar masyarakat dapat melaksanakan kegiatan dengan aman dan nyaman.

"Menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat merupakan tugas pokok polisi. Wujud nyata ini salah satunya adalah pelaksanaan pengamanan," terangnya.

Dijelaskannya, Misa Malam berlangsung khidmat, dipimpin oleh Pastor Conradus Hancu, didampingi oleh tujuh orang Misdinar dengan jumlah jemaat sekitar 500 orang.

Sementara itu, Ketua Sapma PP Kapuas Hulu, M Barry Fernando menjelaskan, pihaknya berkomitmen menjaga perdamaian dan memperkecil perbedaan agama, ras, suku dan budaya.

"Indonesia adalah Pancasila, kami siap membantu Polri dalam melakukan pengamanan,” tegasnya.

Pria yang akrab disapa Nando ini mengatakan, menjaga keamanan bukan hanya menjadi tugas dan tanggungjawab pihak keamanan saja, melainkan tugas bersama. Untuk itu, perlu keterlibatan dari semua pihak termasuk masyarakat.

"Kami akan selalu bersinergi dalam menjaga kemanan, kami juga siap membantu pengamanan di rumah-rumah ibadah lainnya," ungkapnya.

Alumni Fisipol Untan Pontianak ini, juga mengajak generasi muda untuk aktif berorganisasi, dalam upaya mengembangkan diri, agar mampu berkontribusi dalam membangun bangsa dan negara, lebih khususnya Kabupaten Kapuas Hulu.

"Tongkat estapet kepemimpinan dan pembangunan selanjutnya ada ditangan pemuda. Untuk itu, para pemuda haruslah mempersiapkan diri mulai sejak dini," pintanya.

Ia menilai, sejauh ini kesadaran generasi muda Kapuas Hulu dalam berorganisasi masih sangat minim, hal ini karena mereka belum mengetahui secara utuh manfaat dari berorganisasi.

"Untuk itu, kami sangat gencar menyosialisasikan tentang manfaat dari berorganisasi," ungkapnya.

Sapma PP Kapuas Hulu dikatakannya, menargetkan akan membentuk kepengurusan di 23 kecamatan se-Kapuas Hulu. Untuk itu, ia berharap partisipasi para pemuda/pemudi dan dukungan dari semua pihak. (sap/pul)