CPNS Luar Kapuas Hulu Harus Siap Berkomitmen Jalankan Tugas

Kapuas Hulu

Editor Jindan Dibaca : 379

CPNS Luar Kapuas Hulu Harus Siap Berkomitmen Jalankan Tugas
Ilustrasi
PUTUSSIBAU,SP,- Anggota DPRD Kapuas Hulu, Fabianus Kasim meminta kepada para peserta yang akan mengikuti penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018, yang berasal dari luar wilayah Bumi Uncak Kapuas, berkomitmen menjalankan tugas jika nantinya dinyatakan lulus.

Ia menegaskan, Kapuas Hulu secara geografis wilayahnya sangat luas. Selain itu, akses transportasinya juga sangat berat.  

"Belum lagi adat istiadatnya yang beragam, kondisi ini dikhawatirkan tidak akan mampu membuat para PNS yang berasal dari luar betah mengabdi di Kapuas Hulu," ujarnya kepada Suara Pemred, Sabtu (15/9).

Legislator Hanura ini menyampaikan berdasarkan pengalaman, kebanyakan para PNS atau tenaga kontrak dari daerah luar yang ditugaskan di padalaman Kapuas Hulu tidak betah dan meminta untuk dipindahkan ke kota, bahkan meminta ditugaskan di kampung halamannya.

"Akibatnya terjadilah penumpukan PNS di kota. Sebaiknya ke depan putra-putri lokal yang diprioritaskan untuk diluluskan sebab mereka lebih mengetahui wilayah tempatnya bertugas," tuturnya.

Khusus para peserta pendaftar CPNS dari luar wilayah Kapuas Hulu.  Kasim meminta agar diberlakukan sistem wawancara khusus, utamanya terkait pengetahuannya tentang wilayah dan kondisi Bumi Uncak Kapuas. (Sap)