3 Bulan Warga Puring Kencana Tak Nikmati Listrik

Kapuas Hulu

Editor Angga Haksoro Dibaca : 244

3 Bulan Warga Puring Kencana Tak Nikmati Listrik
Putussibau, SP – Warga Kecamatan Puring Kencana,Kapuas Hulu, 3 bulan tidak mendapatkan aliran listrik. Kemarau menyebabkan pasokan air ke Pembagkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) di Desa Langau berkurang.  

Camat Puring Kencana, Herkulanus Albinus mengatakan debet air berkurang drastis karena kemarau. Menurut Herkulanus, ada sumber listrik dari tenaga surya, namun pasokannya hanya cukup untuk menyalakan lampu.  

“Kami menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH), untuk menghasilkan listrik berketegantungan dengan air,” kata Herkulanus, Kamis (27/9).  

Menurut Herkulanus, Kecamatan Puring Kencana terdiri dari 6 desa dengan jumlah penduduk lebih dari 3 ribu jiwa. Tiga desa sudah teraliri listrik PLTMH, sementara 3 desa lainnya masih gelap.  

Pembangkit listrik tenaga mikro hidro di Desa Langau sebenarnya cukup untuk memenuhi kebutuhan 6 desa di Kecamatan Puring Kencana. Karena penataan yang kurang tepat, baru 3 desa teraliri listrik.  

“PLMTH itu terdiri dari 2 turbin dimana untuk satu turbin kapasitas dayanya 200 Kwh. Yang baru digunakan satu turbin. Jika dioptimalkan mampu menghasilkan daya 400 Kwh,” kata Herkulanus. (sap).