CPNS Kapuas Hulu Sulit Daftar Online

Kapuas Hulu

Editor Angga Haksoro Dibaca : 219

CPNS Kapuas Hulu Sulit Daftar Online
Putussibau, SP - Sejumlah pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kapuas Hulu tahun 2018, mengeluhkan sulitnya melakukan registrasi pendaftaran secara online. Jaringan internet sering putus.  

Pelamar Heni mengaku kesulitan melakukan pendaftaran online karena jaringan telekomunikasi yang tidak memadai. Pelamar kesulitan mengunggah dokumen persyaratan. “Jaringan sering putus saat kami  upload dokumen ke situs sscn.bkn.go.id.  Jika sudah putus kami terpaksa mengulang dari awal,” kata Heni.  

Sinyal internet juga lemah karena banyaknya jumlah calon pendaftar yang mengakses situs di waktu berrsamaan. “Kami harus bersabar menunggu waktu tertentu agar bisa mengakses situs itu. Terutama pada waktu sore hingga dini hari.”  

Pelamar lainnya, Yupinus mengatakan kelemahan sistem online adalah jika terjadi salah memasukan data tidak dapat diperbaiki. Sebab itu perlu kehati-hatian dalam mengunggah dan mengisi data terutama yang berkaitan dengan identitas pelamar.  

“Sebenarnya kami disini belum siap dengan sistim penerimaan CPNS ini,” katanya.  

Yupinus khawatir banyak pendaftar dari Kabupaten Kapuas Hulu tidak  diiterima. Sebab sistem online memungkinkan pendaftar dari luar daerah untuk mengisi lowongan di Kapuas Hulu. “Orang-orang dari pulau Jawa juga banyak yang ikut melamar, sementara jumlah penerimaannya terbatas.”  

Dia berharap ada regulasi baru yang dibuat pemerintah agar memprioritaskan penerimaan CPNS khusus untuk putra daerah.  

Bupati Kapuas Hulu, Abang Muhammad Nasir menyampaikan, masalah utama yang dihadapi oleh para pelamar karena sinyal internet yang tidak memadai. Sehingga situs pendaftaran sulit diakses. “Jumlah yang mengakses situs itu sangat banyak, sementara kapasitasnya terbatas. Wajar kalau banyak yang tidak bisa masuk.”  

Terkait perangkat untuk pelaksanaan tes CPNS 2018, Pemda Kapuas Hulu akan menyiapkan perangkat komputer sesuai kemampuan yang dimiliki. (sap)