Sebaran Guru di Kapuas Hulu Tidak Merata

Kapuas Hulu

Editor Angga Haksoro Dibaca : 198

Sebaran Guru di Kapuas Hulu Tidak Merata
Putussibau, SP- Sebaran tenaga pengajar di Kapuas Hulu tidak merata. Guru terkonsentrasi di sekolah yang ada perkotaan dibandingkan daerah terpencil.

Bupati Kapuas Hulu, Abang Muhammad Nasir meminta Dinas Pendidikan memindahkan guru ke daerah yang kekurangan tenaga pengajar.

Menurut Abang Muhammad Nasir, seluruh aparatur sipil negara seharusnya mematuhi sumpah janji jabatan yang siap ditempatkan dimanapun di seluruh wilayah NKRI.

“Kenyataannya ada yang ingkar janji,” kata Abang Muhammad Nasir dalam sambutan kegiatan Pengukuhan Kepala Unit Pelaksana Teknis Satuan Pendidikan Jenjang TK, SD dan SMP Kabupaten Kapuas Hulu tahun 2018, di gedung MABM Putussibau, Rabu (10/10).

Mutasi tenaga pengajar kata Abang M Nasir selain untuk memenuhi kekurangan guru juga sebagai penyegaran fisik dan pikiran. “Terlalu lama di tempat tugasnya akan merasa jenuh. Mutasi akan membangkitkan kembali semangat untuk mengajar.”

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab Kapuas Hulu, Petrus Kusnadi berharap sekolah mampu mengelola dana bantuan operasional sekolah. “Jadi tugas mereka sebagai guru dan sebagai kepala unit pelaksana teknis,” kata Petrus.

Peterus mengatakan saat ini ada 325 kepala UPT satuan pendidikan jenjang TK, SD dan SMP se-Kapuas Hulu yang telah dikukuhkan. Masih ada sekitar 200 kepala UPT yang belum dikukuhkan. “Mereka yang belum dikukuhkan, belum memenuhi syarat pendidikan dan kepangkatan,” kata Petrus. (sap)