Potensi SDA Kapuas Hulu Belum Digarap Maksimal

Kapuas Hulu

Editor Angga Haksoro Dibaca : 144

Potensi SDA Kapuas Hulu Belum Digarap Maksimal
Putussibau, SP - Anggota DPRD Kapuas Hulu, Iman Shabirin menyampaikan, Kapuas Hulu memiliki sumber daya alam (SDA) pertambangan yang sangat besar. Hanya saja pontensi tersebut belum dimanfaatkan secara optimal, sehingga belum dapat mensejahterakan masyarakat.  

Iman menjelaskan, potensi pertambangan tersebut seperti batu bara dan emas. Permasalahan selama ini belum adanya investor yang serius mengelola potensi pertambangan.  

“Selain itu, dengan adanya peraturan perundang-undangan yang baru kewenangan pertambangan sudah diambil alih oleh provinsi juga menjadi kendala,” kata Iman, Jumat (1/11).  

Dikatakan Iman, wilayah Bumi Uncak Kapuas yang banyak Potensi pertambangan terletak di daerah bagian selatan. “Jauhnya jarak Kapuas Hulu dari Pontianak juga menjadi salah satu alasan para investor enggan untuk mengelola potensi pertambangan,” jelasnya.  

Untuk itu tugas eksekutif untuk mendatang investor, sementara kapasitas legislatif hanya menyarankan saja. “Kedepan ketika ada perusahaan pertambangan yang akan mengelola potensi tambang, hendaknya terlebih dahulu melakukan sosialisasi kepada masyarakat,” kata Iman.  

Menurut Iman, jika ada sosialisasi kecil kemungkinan terjadi penolakan warga terhadap para investor. Bilapun terjadi penolakan terhadap investor kemungkinan besar karena ada pihak yang berusaha menciptakan situasi tersebut untuk kepentingan pribadi atau kelompok.  

“Pemda dan investor jangan menyerah jika ada masalah seperti ini. Justru harus diselesaikan, sebab tidak ada permasalahan yang tidak ada jalan keluarnya,” kata Iman. (sap)