Pangkas Birokrasi, Kepala Sekolah Rangkap KUPT Satuan Pendidikan

Kapuas Hulu

Editor Angga Haksoro Dibaca : 1054

Pangkas Birokrasi, Kepala Sekolah Rangkap KUPT Satuan Pendidikan
Putussibau, SP - Jabatan kepala sekolah di Kabupaten Kapuas Hulu akan merangkap menjadi Kepala Unit Pelaksana Teknis (KUPT) Satuan Pendidikan. Sebelumnya, KUPT berdiri sendiri di luar struktur sekolah ( terpisah).  

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kapuas Hulu, Petrus Kusnadi menyampaikan, para pejabat KUPT saat ini sudah dipindah tugas menjadi sekretaris camat atau kepala seksi.  

“Pejabat lama KUPT sudah dikembalikan ke jabatan struktural,” kata Petrus Kusnadi. “Pemerintah sedang melakukan penataan di berbagai bidang.”  

Dengan perubahan tersebut, terdapat tugas tambahan bagi guru dan kepala sekolah. “Nantinya kami dorong agar bisa ikut pendidikan. Karena sarat pendidikan minimal D4 atau S1 untuk jadi KUPT satuan pendidikan.”   

Petrus Kusnadi menyampaikan, terdapat keterbatasan kewenangan dalam pelaksanaan tugas KUPT. “Mereka tidak dapat menandatangani ijazah siswa yang lulus sekolah,” katanya.  

Kewenangan tersebut nantinya dilakukan oleh Dinas Pendidikan. Sementara untuk hal-hal lainnya diberikan keleluasaan bagi pelaksana tugas KUPT.  

Tugas KUPT satuan pendidikan adalah menjalankan manajerial sekolah. Namun karena kondisi guru kurang, kepala UPT juga harus mengajar. “Hal ini harus mereka laksanakan, karena saat ini guru kita masih sangat kurang.” (sap)