Bawaslu Awasi Celah Politik Uang Selama Pemilu

Kapuas Hulu

Editor Angga Haksoro Dibaca : 96

Bawaslu Awasi Celah Politik Uang Selama Pemilu
geotimes
Putussibau, SP  - Ketua Badan Pengawas Pemilu Kapuas Hulu, Musta'an, mengatakan, seperti pengalaman sebelumnya politik uang rentan terjadi dalam Pemilu. Hal itu akan menjadi perhatian serius Bawaslu.  

“Kami akan selalu bekerja keras dalam melakukan pengawasan di lapangan agar politik uang dapat dicegah,” kata Musta’an, Jumat (9/11).  

Menurut Mustaan, calon yang menggunakan politik uang untuk mendapatkan dukungan suara, berpotensi melakukan tindak pidana korupsi setelah terpilih.  

“Jika calon yang bersangkutan sudah banyak mengeluarkan uang, akan berlaku hukum ekonomi (mengembalikan modal),” terangnya.  

Bagi calon yang terbukti memberi sesuatu berupa uang atau barang serta janji-janji atau materi lainnya agar mendapat dukungan suara, dapat dikenai sanksi denga Rp 24 juta dengan ancaman 2 tahun penjara.   

“Kami menghimbau agar setiap calon bisa menghindari unsur  politik uang,” ujar Musta’an.  

Dia optimistis pengawasan Pemilu dapat berjalan lancar. “Kami berusah agar Pemilu berjalan lancar, sehingga tercipta pemilu berkualitas. Dengan demikian akan melahirkan pemimpin dan wakil rakyat berkualitas.” (sap)