Bulog Putussibau Tunda Salurkan Beras Pra Sejahtera

Kapuas Hulu

Editor Angga Haksoro Dibaca : 86

Bulog Putussibau Tunda Salurkan Beras Pra Sejahtera
Putussibau, SP - Penyaluran bantuan Beras Pra Sejahtera (Rastra) Kabupaten Kapuas Hulu pada triwulan ke 4 terkendala data. Bulog belum menerima data terbaru keluarga penerima manfaat (KPM) Rastra.

Kepala Kantor Seksi Logistik Bulog Putussibau, Sabarani menyampaikan untuk penyaluran Rastra pada triwulan ke 3 telah selesai dilaksanakan hingga September 2018.  

“Untuk penyaluran triwulan ke 4 kami terkendala. Sebab kemarin ada pengurangan jatah beras yang dibagikan, namun tidak menyebutkan pengurangannya di desa mana atau kecamatan mana,” kata Sabarani, Jumat (9/11).  

Sabarani khawatir terjadi kesalahan jika beras bantuan dikirimkan sesuai platfoam lama. “Kami sebenarnya mau secepatnya menyalurkan Rastra tersebut,” ujarnya.   Dia juga mengkhawatirkan jika penyaluran bantuan Rastra ditunda terlalu lama, transportasi pengriman beras akan terganggu banjir, akibat hujan yang sering turun belakangan ini.  

“Terkait kendala tersebut sudah kami sampaikan, sampai saat ini masih menunggu jawaban. Sebab yang mengeluarkan data itu bukan kami,” ujar Kepala Kantor Seksi Logistik Bulog Putussibau, Sabarani.  

Sabarani menjelaskan, jumlah keluarga penerima bantuan beras di Kabupaten Kapuas Hulu 128.260 jiwa (sesuai yang diterbitkan pemerintah melalui Kementrian Sosial), dengan jumlah bantuan perjiwa sebanyak 10 kilogram/ jiwa.  

“Jumlah Rastra yang belum disalurkan pada triwulan ke 4 yakni 384.780 ton,” tuturnya.  

Selain menyalurkan bantuan Beras Pra Sejahtera (Rastra), Bulog juga menjual barang untuk umum seperti tepung, gula, daging, beras dan lainnya. “Untuk permintaan gula dan beras sejauh ini tinggi. Namun untuk daging kerbau dan tepung sangat kurang peminat.” (sap).