Minggu, 17 November 2019


Lestarikan Budaya di Tengah Pesat Kemajuan Teknologi

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 78
Lestarikan Budaya di Tengah Pesat Kemajuan Teknologi

FESTIVAL BUDAYA - Bupati Kapuas Hulu, Abang Muhammad Nasir memainkan sape pada penutupan Festival Budaya Kayaan Mendalam, di lapangan bola Desa Datah Diaan, Kecamatan Putussibau Utara, Sabtu (26/10) malam. IST

Bupati Kapuas Hulu menutup Festival Budaya Kayaan Mendalam, di lapangan bola Desa Datah Diaan, Kecamatan Putussibau Utara, Sabtu (26/10) malam.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Kapuas Hulu, Anggota DPD RI Erlinawati Nasir, Anggota DPRD Kalbar Angeline Fremalco, Plh. Sekda Kapuas Hulu Bung Tomo, Ketua DPRD Kapuas Hulu Kuswandi, dan tamu undangan lainnya.

Kedatangan Bupati beserta rombongan disambut dengan persembahan tarian adat Dayak Kayaan Mendalam. 

Ketua panitia festival, Yosef Lasah menyampaikan, kesuksesan acara tersebut tidak terlepas dari peran serta seluruh lapisan masyarakat yang terlibat aktif serta peduli dengan kelestarian kebudayaan.

 "Untuk perlombaan yang dilombakan, seperti lagu daerah, sastra lisan, membuat sape, menganyam, lomba sape, tarian tradisi, sampan, gasing, dan lain-lain,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Yosef juga mengucapkan terima kasih kepada Pemda Kapuas Hulu yang telah mendukung sehingga acara tersebut dapat dilaksanakan.

Di tempat yang sama, tokoh pemuda Kayaan Mendalam, Fransiskus Diaan (Sis), meminta kepada generasi muda agar terus melestarikan budaya di tengah pesatnya kemajuan teknologi.

Sis menerangkan, keberlangsungan kelestarian adat budaya leluhur terdahulu terletak pada generasi muda saat ini.

”Pemuda memiliki peran yang besar dalam mengembangkan adat istiadat budayanya,” tuturnya.

Melalui Festival Kayaan Mendalam, Sis berharap akan mampu menggali dan melestarikan potensi wisata yang ada, agar tetap bertahan dan dikenal baik lokal, nasional maupun internasional.

"Sektor pariwisata ini sangat menjanjikan untuk mendongkrak perekonomian masyarakat. Untuk itu, semua pihak harus terlibat aktif serta mendukung kemajuan pariwisata,” pintanya.

Menurutnya, wilayah Mendalam masuk dalam kawasan Taman Nasional Betung Kerihun (TNBK). Ke depan, diperkirakan akan menjadi objek penelitian terkait ekosistem alamnya oleh negara luar.

”Manfaatkan kesempatan yang ada untuk membuka peluang usaha,” katanya

Bupati Kapuas Hulu, Abang Muhammad Nasir menyampaikan bahwa Sis kembali maju di Pilkada 2020 mendatang. 

Sebelumnya, kata Nasir, Sis pernah bertarung dengan dirinya di Pilkada 2015 lalu. Saat itu, pertarungan sangat berat karena hanya ada dua pasangan calon yang berkompetisi.

"Sis ini merupakan aset Kapuas Hulu. Dia maju kembali. Saat ini, sudah banyak balihonya yang dipasang di jalan-jalan,” ujarnya.

Menurut Nasir, dengan partisipasi putra-putri terbaik daerah maju pada Pilkada 2020, akan membawa dampak yang baik bagi pembangunan Kapuas Hulu di masa mendatang.

”Keharmonisan Kapuas Hulu harus tetap terjaga,” pesannya. (syapari/shella)