Senin, 27 Januari 2020


Sembilan Desa Masih Kategori Tertinggal

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 96
Sembilan Desa Masih Kategori Tertinggal

Pisah Sambut – Acara pisah sambut Camat Kalis yang dihadiri Bupati Kapuas Hulu, Abang Muhammad Nasir di aula kecamatan, Senin (6/1). Banyak desa di Kecamatan Kalis yang saat ini kondisinya masih sangat tertinggal. ist

Pemkab Kapuas Hulu diharapakan dapat memberikan perhatian terhadap ketersediaan jaringan listrik dan telekomunikasi di wilayah Kecamatan Kalis. Permintaan ini disampaikan oleh mantan Camat Kalis, Mahmud Syahdan.

Syahdan merincikan desa yang sudah teraliri listrik di wilayah tersebut. Dari 17 desa yang ada, hanya delapan desa yang sudah teraliri listrik, dan sisa sembilan desa lainnya masih gelap gulita.

"Kita juga telah mengusulkan pembangunan tower telekomunikasi, semoga saja tahun ini terealisasi," harap Mahmud Syahdan saat acara pisah sambut Camat Kalis, Senin (7/1).

 Permasalahan lainnya, lanjut Syahdan terkait dana yang dikelola kecamatan yang dinilainya sangat minim jika dibandingkan dengan pemerintahan desa, ia berharap ada penambahan anggaran.

"Saya minta kepala desa untuk mengelola Dana Desa yang besar itu secara tepat sasaran dan sesuai aturan,"pintanya.

Selain itu dia juga meminta agar para Kades menjaga komunikasi dan hubungan yang baik dengan unsur pimpinan di tingkat kecamatan. 

"Saya berterima kasih atas bantuan pekerjaan fisik yang sudah dialokasikan di Kecamatan Kalis oleh Pemda selama ini,"katanya.

Sementara Camat Kalis, Supriyadi menyampaikan wilayah Kecamatan Kalis sangat luas, terdiri dari 17 desa dan 45 dusun, dengan jumlah penduduk mencapai 14 ribu orang.

"Untuk membangun Kalis ini saya butuh dukungan semua pihak,"sampainya.

Diakuinya, ia belum sepenuhnya mengetahui karakteristik wilayah Kalis, namun secara perlahan ia berjanji akan bekerja dengan baik untuk mewujudkan pembangunan, serta menjalankan roda pemerintahan.

Sementara itu, Bupati Kapuas Hulu, Abang Muhammad Nasir, berpesan agar komunikasi dan koordinasi dengan unsur pimpinan kecamatan, tokoh masyarakat, tokoh agama, pemuda dan seluruh kepala desa harus tetap terjaga dalam upaya membangun dan menciptakan kondusifitas di wilayah Kecamatan Kalis.

"Laksanakan semua tugas sesuai dengan ketentuan, kemudian bangun komunikasi dengan staf di kantor dan ciptakan suasana kerja yang nyaman," pinta bupati. (syapari/jee)