Senin, 17 Februari 2020


Dua Penderita Gangguan Jiwa Diamankan

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 59
Dua Penderita Gangguan Jiwa Diamankan

AMANKAN ODGJ – Petugas Satpol PP mengamankan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), Senin (10/2) pukul 13.30 WIB.

PUTUSSIBAU, SP – Dua Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) diamankan Satpol PP Kapuas Hulu, Senin (10/2) pukul 13.30 WIB.

Kepala Satpol PP Kapuas Hulu, Rupinus mengatakan, anggotanya mengamankan warga ODGJ di area Indor Volly Jalan Gajah Mada Putussibau. 

"Mereka yang dijemput Ahmadsyah dan Agustina. Anggota yang melakukan pengamanan pada saat penjemputan yakni Satpol PP 20 orang,  polisi Polsek Putussibau Utara dua orang, dan satu anggota TNI,” katanya. 

Pada saat penjemputan, petugas yang dibantu oleh pihak keluarga sempat mengalami kendala karena pasien dengan gangguan jiwa tersebut tidak mau dibawa petugas. 

"Pasien dengan gangguan jiwa yang dilaporkan dianggap sudah sangat meresahkan dan mengganggu masyarakat karena selalu membawa golok," katanya.

Selanjutnya, pasien dengan gangguan jiwa langsung diamankan di rumah singgah yang berada di Jalan Pangsuma Putussibau Selatan, sebelum dirujuk ke RSJ Singkawang.

"Petugas Satpol PP melakukan penjemputan setelah melakukan koordinasi dengan pihak Dinas Sosial dan pihak keluarga," jelasnya.

Ditambahkan, pasien dengan gangguan jiwa itu sudah pernah dibawa ke RSJ Singkawang selama sebulan dan kembali ke Desa Nanga Sambus. Keadaan pasien setelah pulang dari RSJ Singkawang sempat membaik, tapi hanya tiga minggu dan kambuh lagi.

"Selanjutnya pasien dengan gangguan jiwa tersebut akan dibawa ke RSJ Singkawang oleh Dinas Sosial yang bekejasama dengan Satpol PP dan Puskesmas Putussibau Utara,” pungkasnya. (sap/bah)