Selasa, 18 Februari 2020


Nasir Paparkan Penanganan Masalah Desa

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 68
Nasir Paparkan Penanganan Masalah Desa

KUNJUNGAN KERJA - Inspektur V Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan RI kunjungan kerja ke Kabupaten Kapuas Hulu, Selasa (11/2). Pertemuan berlangsung di Aula DPRD Kabupaten Kapuas Hulu.

PUTUSSIBAU, SP - Bupati Kapuas Hulu, Abang Muhammad Nasir memaparkan kendala dan upaya dalam penyaluran penyerapan dan pelaporan Dana Desa (DD).

Hal tersebut disampaikannya saat Inspektur V Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan RI kunjungan kerja ke Kabupaten Kapuas Hulu, Selasa (11/2).

Nasir menjelaskan, kendala yang dihadapi selama ini yakni belum semua desa memiliki fasilitas infrastruktur listrik, tuntutan kinerja jauh lebih tinggi daripada ketersediaan sumber daya aparatur desa.

"Kemudian dua tahun sekali bergantinya kepemimpinan di desa karena selesainya masa jabatan kades," terangnya di lokasi pertemuan Aula DPRD Kabupaten Kapuas Hulu.

Selanjutnya, indeks kesulitan geografis, sering bergantinya penyempurnaan sistem aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes).

"Belum lagi belum optimalnya penentuan rincian DD, afirmasi kemiskinan dan afirmasi kinerja oleh Kemenkeu," jelasnya.

Upaya untuk menangani itu, kata Nasir, dilakukan pengadaan listrik dan internet desa baik melalui APBDes maupun APBD sesuai dengan kewenangan pemda.

"Kerja sama dengan lembaga pendidikan dan lembaga lain dalam rangka pemanfaatan teknologi tepat guna di desa," jelasnya.

Kemudian, pembinaan intens dalam rangka peningkatan aparatur penyelenggaraan pemerintah desa dan lembaga desa lainnya.

"Memaksimalkan pelaksanaan aplikasi Siskeudes dan peningkatan sumber daya ASN (non ASN) di DPMD (Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa)," katanya. (sap/bah)