Senin, 17 Februari 2020


25 Danau Lindung Ditetapkan lewat SK Bupati

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 82
25 Danau Lindung Ditetapkan lewat SK Bupati

PANEN RAYA – Masyarakat bahu-membahu panen raya ikan di sebuah Danau Lindung di Kabupaten Kapuas Hulu.

PUTUSSIBAU, SP - Sebanyak 25 Danau Lindung sudah ditetapkan sesuai Surat Keputusan Bupati Kapuas Hulu.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas Hulu, Roni Januardi, kemarin. Roni menjelaskan, Bumi Uncak Kapuas terdapat 268 danau, namun hanya 25 danau saja yang ditetapkan sebagai Danau Lindung.

"25 Danau Lindung itu memiliki potensi ikan air tawar yang sangat luar biasa," katanya.

Danau Lindung ini dijadikan sebagai tempat pelestarian ikan. Dari 25 Danau Lindung yang ada tersebut, ada beberapa Danau Lindung yang sudah terbukti memiliki potensi ikan air tawar, di antaranya Danau Lindung Empangau di Kecamatan Bunut Hilir, Danau Lindung Pengelam dan sejumlah Danau Lindung lainnya.

"Danau Lindung biasanya hanya dilakukan panen yang dilakukan bersama-sama oleh masyarakat setempat, " jelasnya.

Dikatakan bahwa masyarakat setempat juga telah komitmen dan sepakat untuk menjaga danau mereka masing-masing. Biasanya panen raya dilakukan apabila masyarakat memerlukan dana untuk hari raya, pembangunan desa dan kepentingan masyarakat umum lainnya.

"Panen raya tersebut mereka lakukan di zona inti karena memang ini kan kepentingan masyarakat dan bukan untuk dikomersilkan,” katanya.

Roni mengharapkan, masyarakat dapat mengelola danau dengan baik sehingga menjadi tempat berlindungnya ikan berkembang biak dan memberikan penghasilan kepada masyarakat danau. 

"Jangan sembarangan mengambil ikan di Danau Lindung karena di sana menerapkan hukum adat," jelasnya. (sap/bah)