Aparat Sita Kayu Hasil Pembalakan Liar di Kecamatan Simpang Hilir, Kabupaten Kayong Utara

Kayong Utara

Editor sutan Dibaca : 987

Aparat Sita Kayu Hasil Pembalakan Liar di Kecamatan Simpang Hilir, Kabupaten Kayong Utara
DISITA- Ratusan kayu ilegal hasil Operasi Illegal Logging yang dilakukan oleh Polda Kalbar, Polres Ketapang dan Polisi Hutan diamankan di Mapolsek Simpang Hilir, Kabupaten Kayong Utara, Jumat (26/2). Kayu tersebut, diamankan dari sejumlah Sawmill yang ber
SUKADANA, SP – Jajaran Polda Kalbar dan Polres Ketapang, berhasil menyita ratusan kayu ilegal hasil pembalakan liar di Desa Mata-Mata, Kecamatan Simpang Hilir, Kabupaten Kayong Utara, Jumat (26/2).

Saat dikonfirmasi, Kapolres Ketapang, AKBP Hadi Poerwanto, melalui Kasat Reskrim, AKP Balen Anggara Pratama menjelaskan, bahwa penyitaan tersebut merupakan hasil dari kegiatan operasi Illegal Logging di Ketapang, yang mengikutsertakan Polisi Hutan.

“TKP di anak sungai Desa Sungai Mata-Mata dan di sejumlah Serkel atau Sawmill. Salah satunya milik warga bernama Supar. Tim menyita BB berupa 19 batang kayu belian, kayu meranti enam batang, gergaji serta peralatan Sawmill lainnya,” terang Kasat, Sabtu (27/2).

Lebih lanjut, Balen mengatakan, saat ini pihaknya masih terus melakukan penyelidikan, terkait pemilikan dan dijual kemana olahan kayu tersebut.
“Kita sudah minta keterangan berapa saksi. Mulai dari Pj Kades Mata- Mata, R. Jamrudin, Kepala BPD, Bahtiar serta Ketua RT, Andi maulana. Namun, ketiganya tidak mengetahui siapa pemilik kayu itu,” katanya.

Di tempat kejadi perkara yang sama, tepatnya di Sawmill milik Hamzah. Pihaknya juga menyita 50 kayu log jenis meranti dan 400 kayu olahan. “Kami juga telah memeriksa para saksi, di antaranya salah seorang warga bernama Ujang, Ketua RT dan Kepala Desanya,” terang Balen.

Penyisiran selanjutnya, dilakukan di Serkel atau Sawmill milik warga yang diketahui bernama Ipit. Di lokasi tersebut, petugas juga berhasil menyita 70 batang kayu olahan dan satu unit mesin pemotong kayu. Ia menambahkan, kini seluruh barang bukti yang diamankan dari berbagai lokasi dan Sawmill milik warga tersebut. Telah dipindahkan ke Mapolsek Simpang Hilir.

Sementara itu, Kapolsek Simpang Hilir, AKP Jumadi membenarkan, bahwa pihaknya memperoleh titipan sejumlah barang bukti, hasil operasi illegal logging yang dilaksanakan Polda Kalbar dan Polres Ketapang.

 “Tugas kami hanya mengangkut barang sitaan dari TKP. Jadi sama sekali tidak dilibatkan. Operasi ini, dipimpin oleh Kaur Reskrim Polres Ketapang, Pak Damanik,” terang Jumadi. (ble/bob)