Pelantikan Kepala Desa Sejahtera, Kayong Utara Diwarnai Aksi Demo

Kayong Utara

Editor sutan Dibaca : 802

Pelantikan Kepala Desa Sejahtera, Kayong Utara Diwarnai Aksi Demo
Bupati Kayong Utara, Hildi Hamid melantik sembilan kepala desa hasil Pilkades serentak tahun 2016, di Gedung Balai Paraja Kantor Bupati, Jumat (24/6). (hms)
SUKADANA, SP - Pelantikan sembilan Kepala Desa di Gedung Balai Praja Kantor Bupati, Jumat (24/6) diwarnai aksi protes masyarakat di Desa Sejahtera, puluhan masyarakat tersebut menolak kades terpilih M. Hariz Zona untuk dilantik oleh Bupati Kayong Utara.

Aksi protes ini terkait adanya pelanggaran yang dilakukan kades terpilih, di antaranya menyisakan pekerjaan jembatan yang diduga fiktif. Diketahui, M. Hariz Zona sebelumnya menjabat sebagai Bendaraha Desa Sejahtera, dan mencalonkan diri menjadi kades saat Pilkades beberapa waktu lalu.

Perwakilan masyarakat Desa Sejahtera, Suandi mengaku, kedatangan puluhan masyarakat pada acara ini, guna mencegah pelantikan Kades Sejahtera terpilih, yang bermasalah.

“Masyarakat Desa Sejahtera ingin mencegah pelantikan salah satu kades terpilih, yang dianggap masih bermasalah pada anggaran 2015,” katanya.

Suandi berharap kepada pemerintah daerah, agar dapat segera memproses yang bersangkutan ke ranah hukum, sesuai aturan yang ada.

“Bersalah atau tidak layak laporan di tahun 2015, ingin diangkat ke ranah hukum. Yang jelas laporan di tingkat Kabupaten sudah kita masukan,” terangnya.

Untuk temuan-temuan pelanggaran yang dilakukan M. Hariz Zona sewaktu menjabat bendahara, Suandi selaku perwakilan masyarakat masih belum mengetahui pelanggaran lainnya. Untuk saat ini, masyarakat masih fukos pada pelanggaran jembatan yang diduga fiktif dan tercantum dalam Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) di tahun 2015.

“Yang jelas sampai hari ini baru satu poin yang ditemukaan masyarakat. Untuk poin-poin lainnya, mungkin akan menyusul,” tambahnya.

Kades Sejahtera, M. Hariz Zona yang baru saja dilantik menanggapi dingin aksi protes yang disampaikan masyarakat. Menurutnya, munculnya gejolak pada Pilkades 2016, tak terlepas dari Anggaran Dana Desa (ADD) yang besar.

“Jadi Pilkades tahun ini luar biasa. Mungkin karena anggaran untuk desa yang kian membesar. Saya selaku Kepala Desa Desa Sejahtera terpilih mengajak seluruh masyarakat untuk bersama –sama membangun desa menjadi lebih baik lagi,” tutur M Hariz Zona.

Terkait pekerjaan yang diduga fiktif, dirinya siap mempertanggungjawabkan hal tersebut, tentunya dengan bukti-bukti yang kuat.

“Kalau memang itu keinginan masyarakat silakan saja. Saya sebagai kades terpilih menanggapi hal itu berdasarkan bukti-bukti yang konkret, yang ada ada di lapangan. Kita boleh memeriksa bersama-sama sesuai atau tidaknya,” katanya. (ble/bob/sut)


Sembilan Kades yang dilantik oleh Bupati Kayong Utara, Hildi Hamid:

1. Kepala Desa Sutera Kecamatan Sukadana, Ripa’i

2. Kepala Desa Pangkalan Buton Kecamatan Sukadana, Ansari

2. Kepala Desa Sejahtera Kecamatan  Sukadana, Muhamad Haris Zona

4. Kepala Desa Simpang Tiga Kecamatan Sukadana, Rajali

5. Kepala Desa Sungai Mata-Mata Kecamatan Simpang Hilir, Kartini

6. Kepala Teluk Batang Kecamatan Teluk Batang, Saiful Bahri

7. Kepala Desa Sungai Paduan Kecamatan Teluk Batang, Sarkawi

8. Kepala Desa Satai Lestari Kecamatan Pulau Maya, Baharudin

9. Kepala Desa Dusun Kecil Kecamatan Pulau Maya, Sopian